PENGEMBANGAN LKS DAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERORIENTASI LOCAL CONTENT SALAK PONDOH UNTUK SMP/MTs KELAS VII DI SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MATKLI DIMAS ASTRIANTO SAPUTRO, NIM. 08670055 (2012) PENGEMBANGAN LKS DAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERORIENTASI LOCAL CONTENT SALAK PONDOH UNTUK SMP/MTs KELAS VII DI SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dan instrumen penilaian IPA Terpadu yang layak untuk pembelajaran siswa kelas VII SMP/MTs di Sleman, Yogyakarta. Kelayakan LKS ditinjau dari syarat dikdatik dan konstruksi, sedangkan kelayakan instrumen ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D)/Penelitian dan Pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Dari keempat tahapan tersebut, tahap disseminate tidak dilakukan karena tahap ini merupakan tahap uji secara luas. LKS dan instrumen penilaian ini diberi masukan oleh 2 dosen pembimbing dan FGD (Focus Group Discussion). Kualitas LKS dan instrumen penilaian dinilai oleh 5 pendidik IPA Terpadu dan direspon oleh 29 peserta didik SMP/MTs. Data nilai kualitas yang diperoleh diubah dari data kualitatif menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari pendidik IPA Terpadu terhadap LKS dan instrumen penilaian IPA Terpadu yang berorientasi “local content” salak pondoh untuk SMP/MTs Kelas VII memperoleh persentase keidealan sebesar 88,40% dan 86,00%. Sedangkan respon peserta didik terhadap LKS IPA Terpadu memperoleh persentase keidealan sebesar 97,41%. Sehingga LKS dan instrumen penilaian IPA Terpadu dari penilaian pendidik dan respon peserta didik tersebut dikategorikan sangat baik (SB) dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Liana Aisyah, S.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKS, instrumen penilaian, ipa terpadu, local content
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:07
Last Modified: 19 Feb 2016 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum