HILMI FADHIL - NIM. 03111321 , (2008) AL-TADKHUL FI AL-MUHADATSAH AL-YAUMIYAH AL 'ARABIYYAH BAINA THALLAB FI AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL KHASHAH BI SURAKATA (DIRASAH QADIYAH THALAB AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL KHASSAH BI SURAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (AL-TADKHUL FI AL-MUHADATSAH AL-YAUMIYAH AL 'ARABIYYAH BAINA THALLAB FI AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL KHASHAH BI SURAKATA (DIRASAH QADIYAH THALAB AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL KHASSAH BI SURAKARTA) )
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (890kB) | Preview |
|
Text (AL-TADKHUL FI AL-MUHADATSAH AL-YAUMIYAH AL 'ARABIYYAH BAINA THALLAB FI AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL KHASHAH BI SURAKATA (DIRASAH QADIYAH THALAB AL MADRASAH AL 'ALIYAH AL KHASSAH BI SURAKARTA) )
BAB II, BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Abstract
Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Surakarta terletak di Jalan Sumpah Pemuda no.31 Kadipiro Surakarta. Seluruh siswa, baik putra maupun putri di madrasah ini wajib tinggal di asrama khusus dengan segala peraturan yang harus dipatuhi sekaligus hukuman atas pelanggarannya. Salah satu peraturan tersebut adalah penggunaan bahasa Arab untuk percakapan sehari-hari dengan sesama penghuni asrama. Oleh karena itu, para siswa berusaha untuk mematuhinya sekaligus menghindari hukuman dengan cara 'yang penting berbahasa Arab' meskipun banyak terdapat penyimpangan dalam penggunaannya. Cara tersebut di atas menimbulkan sebuah gejala kebahasaan yang berbeda dari bahasa Arab yang umum digunakan dan kemudian memunculkan variasi bahasa. Variasi bahasa adalah perbedaan-perbedaan bentuk bahasa. Perbedaan bentuk tersebut menimbulkan ragam bahasa. Salah satu ragam bahasa adalah ragam bahasa percakapan. Adapun ragam bahasa percakapan sehari-hari siswa Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Surakarta juga merupakan variasi bahasa yang berbeda dengan ragam resmi bahasa A amp;#1616;rab (Fusha), dan memiliki ciri-ciri khas yang menjadikannya berbeda. Ciri-ciri ragam bahasa percakapann sehari-hari siswa MAPK Surakarta di antaranya adalah interferensi bahasa Jawa, penyimpangan struktur gramatika bahasa Arab, penggunaan kosakata-kosakata bahasa Arab 'Amiyah, dan penggunaan istilah-istilah hasil pengalihan bahasa secara harfiah. Inilah permasalahan yang dibahas oleh penulis.Metode yang digunakan dalam skripsi ini dibagi tiga, yaitu metode penyediaan data, metode analisis data, dan metode penyajian hasil analisis data. Penyedian data menggunakan metode simak atau observasi, yaitu penyediaan data yang dilakukan dengan menyimak penggunaan bahasa secara langsung di lapangan. Analisis data menggunakan metode agih, yaitu metode yang alat penentunya ada di dalam dan menjadi bagian dari bahasa yang diteliti. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal, yaitu penyajian hasil analisis yang berwujud perumusan dengan kata-kata biasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : DR.ALWAN KHOIRI, MA |
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK), asrama, percakapan bahasa Arab,variasi bahasa |
Subjects: | Kesusastraan Arab |
Divisions: | Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1) |
Depositing User: | Miftakhul Yazid Fuadi [staff it] |
Date Deposited: | 20 Jul 2012 18:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 15:04 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1089 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |