PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PEMISAHAN / SPIN-OFF (Studi Kasus pada BNI Syariah dan BRI Syariah)

IMA AKMALA NUR MUHAROMAH, NIM. 09390067 (2013) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PEMISAHAN / SPIN-OFF (Studi Kasus pada BNI Syariah dan BRI Syariah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PEMISAHAN / SPIN-OFF (Studi Kasus pada BNI Syariah dan BRI Syariah))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH PEMISAHAN / SPIN-OFF (Studi Kasus pada BNI Syariah dan BRI Syariah))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (799kB)

Abstract

Awalnya ketentuan tentang pemisahan / spin-off diintrodusir melalui Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, yang kemudian diikuti oleh Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Dalam konteks perbankan, spin-off adalah pemisahan unit usaha dari suatu bank menjadi dua badan usaha atau lebih sesuai dengan ketentuan perundangundangan. Meskipun spin-off dalam Undang-Undang tentang Perbankan Syariah lebih ditujukan untuk menjamin terpenuhinya prinsip-prinsip syariah pada Unit Usaha Syariah (UUS) yang secara korporasi masih berada dalam satu entitas dengan Bank Umum Konvensional (BUK), namum spin-off dapat dimanfaatkan oleh industri perbankan dalam melakukan restrukturisasi perusahaan. Secara umum tujuan restrukturisasi adalah untuk memperbaiki dan memaksimalisasi kinerja perusahaan. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan bank sebelum dan sesudah spin off dilihat dari rasio Beban Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Financial to Deposit Ratio (FDR), dan Return on Asset (ROA). Sampel penelitian yang digunakan yakni BNI Syariah yang resmi memisahkan diri (spin-off) dari induknya pada Juni 2010, dan BRI Syariah yang resmi memisahkan diri (spin-off) dari induknya pada akhir tahun 2008. Sedangkan periode pengamatan penelitian ini adalah Juni 2007- Maret 2013 untuk data BNI Syariah, dan Desember 2004-Maret 2013 untuk data BRI Syariah. Metode analisis yang digunakan adalah uji dua sampel berpasangan (periode sebelum dan sesudah spin-off) dengan menggunakan alat uji Paired Samples T-Test untuk variabel yang datanya berdistribusi normal, dan alat uji Two Related Samples-Wilcoxon untuk variabel yang datanya tidak terdistribusi secara normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan BNI Syariah dan BRI Syariah antara periode sebelum dan sesudah spinoff, dilihat dari rasio likuiditas yang diwakili oleh rasio FDR. Sedangkan dilihat dari rasio BOPO dan ROA menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan kinerja keuangan kedua bank syariah tersebut antara periode sebelum dan sesudah dilakukannya spin-off. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Spin-off, Uji Dua Sampel Berpasangan, Paired Samples T-Test, Two Related Samples, Wilcoxon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: SUNARYATI, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Spin-off, Uji Dua Sampel Berpasangan, Paired Samples T-Test, Two Related Samples, Wilcoxon
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:59
Last Modified: 26 Sep 2016 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum