ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG PATI

ASYHARUL UMAM, NIM. 06390010 (2013) ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG PATI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) CABANG PATI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen membutuhkan konsep pemasaran yang disebut dengan bauran pemasaran (merketing mix). Marketing mix merupakan kombinasi dari empat variabel penting dari konsep pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Empat variabel tersebut meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion), dan biasa disingkat dengan 4P. Namun karena pemasaran bukan ilmu pasti, kini marketing mix telah berkembang sesuai dengan kondisi pasar menjadi 7P dimana 3P selanjutnya yaitu proses (process), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence). Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau sering disebut applied Research. Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh marketing mix yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Pati. Jumlah sampel diambil sebanyak 100 orang dari 6750 nasabah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebar kuesioner dengan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh marketing mix (product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence) terhadap keputusan nasabah untuk menabung adalah positif dan signifikan dengan nilai F hitung = 21,740, dan F tabel = 2,11. Kriteria pengambilan keputusannya jika F hitung > F tabel maka H0 ditolak. Namun secara parsial terdapat lima variabel marketing mix yang berpengaruh positif dan signifikan, yaitu product, place, people, process dan physical evidence. Sedangkan variabel price dan promotion berpengaruh positif dan tidak signifikan. Secara parsial menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah adalah product dengan sig. t sebesar 0,006 < 0,05, place dengan sig. t sebesar 0,000 < 0,05, people dengan sig. t sebesar 0,010 < 0,05, process dengan sig. t sebesar 0,049 < 0,05, dan physical evidence dengan sig. t sebesar 0,001 < 0,05. Sedangkan variabel yang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah adalah price dengan sig. t sebesar 0,777 > 0,05 dan promotion dengan sig. t sebesar 0,284 > 0,05. Berdasarkan uji determinasi (R2) besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,595. Hal ini berarti 59,5% variabel keputusan nasabah dijelaskan oleh variabel marketing mix, sedangkan sisanya (100% - 59,5% = 40,5%) dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Kata kunci : marketing mix, product, price, promotion, place, people, process, physical evidence, keputusan nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: JOKO SETYONO, SE., M.Si
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 08:13
Last Modified: 26 Sep 2016 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum