ANALISIS PENERAPAN PSAK 102 PADA PRODUK KEPEMILIKAN EMAS DAN PSAK 107 PADA PRODUK GADAI EMAS DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA)

BANINDITA, NIM. 09390103 (2013) ANALISIS PENERAPAN PSAK 102 PADA PRODUK KEPEMILIKAN EMAS DAN PSAK 107 PADA PRODUK GADAI EMAS DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN PSAK 102 PADA PRODUK KEPEMILIKAN EMAS DAN PSAK 107 PADA PRODUK GADAI EMAS DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN PSAK 102 PADA PRODUK KEPEMILIKAN EMAS DAN PSAK 107 PADA PRODUK GADAI EMAS DI PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin banyaknya minat masyarakat kepada perbankan syariah, perbankan syaiah membutuhkan sebuah standar akuntansi sendiri yang berbeda dengan perbankan konvensional. Karena perbankan syariah dan konvensional memiliki perbedaan. Produk- produk perbankan syariah membutuhkan kerangka akuntansi yang menyeluruh yang dapat mengahsilkan pengukuran akuntansi yang tepat dan sesuai sehingga dapat mengkomunikasikan informasi secara tepat waktu dan mengurangi adanya perbedaan perlakuan akuntansi antara bank syariah yang satu dengan yang lain. Pengawasan untuk perlakuan akuntansi pada produk pembiaayan gadai emas dan kepemilikan logam mulia diperlukan agar masyarakat semakin yakin akan prinsip syariah yang digunakan oleh perbankan tersebut. Perlakuan akuntansi produk gadai emas diatur berdasarkan PSAK 107 sedangkan Produk Kepemilikan Emas diatur berdasarkan PSAK 102. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan metode wawancara terhadap karyawan bank BNI Syariah kantor cabang Yogyakarta dan menggunakan data yang berupa pedoman akuntansi dan perlakuan akuntansi ijarah dan murabahah yang diterapkan pada produk pembiayaan gadai emas dan kepemilikan emas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan PT Bank BNI Syariah telah menjalan kan dan menggunakan pedoman akuntansi PSAK 107 dan PSAK 102 pada perlakuan akuntansi nya untuk produk pembiayaan gadai emas dan kepemilikan emas. Kata kunci: Bank Umum Syariah (Bank BNI Syariah), Gadai emas, ijarah, kepemilikan emas, murabahah, PSAK 107, PSAK 102

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE, M.Si
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 08:54
Last Modified: 26 Sep 2016 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum