PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPOTENSI LOKAL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES

ARINTO SETYAWAN, NIM. 09690002 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPOTENSI LOKAL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPOTENSI LOKAL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPOTENSI LOKAL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul IPA terpadu berpotensi lokal berbasis multiple intelligences sebagai bahan ajar IPA di SMP Negeri 2 Saptosari (2) mengetahui kualitas modul terhadap modul IPA terpadu berpotensi lokal berbasis multiple intelligences sebagai bahan ajar IPA (3) mengetahui respon siswa terhadap modul IPA terpadu berpotensi lokal berbasis multiple intelligences sebagai bahan ajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti yaitu model 4D yang meliputi empat langkah yaitu (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Penelitian ini dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (skala Likert) dan lembar respon siswa (skala Likert) yang sudah divalidasi oleh validator. Data kualitas diperoleh dari 6 penilai. Kelayakan modul berdasarkan respon siswa uji coba terbatas pada 7 siswa dan uji coba luas pada 20 siswa. Data hasil penilaian dan respon siswa terhadap modul dianalisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini antara lain: (1) modul IPA terpadu berpotensi lokal berbasis multiple intelligences sebagai bahan ajar di SMP Negeri 2 Saptosari telah berhasil dikembangkan, (2) kualitas modul IPA terpadu berpotensi lokal berbasis multiple intelligences sebagai bahan ajar di SMP Negeri 2 Saptosari berdasarkan penilaian 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 guru IPA SMP adalah sangat baik (SB), (3) respon siswa SMP terhadap modul IPA terpadu berpotensi lokal berbasis multiple intelligences sebagai bahan ajar di SMP Negeri 2 Saptosari adalah setuju (S). Hal ini menunjukkan bahwa modul IPA terpadu yang dikembangkan dapat diterima oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: modul IPA terpadu, potensi lokal, multiple intelligences.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 10:53
Last Modified: 05 Feb 2016 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum