PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS

DEDE SURYADIE, NIM. 08690052 (2014) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA TERPADU TIPE SHARED UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan modul elektonik IPA Terpadu tipe shared untuk siswa kelas VIII SMP/MTs, 2) mengetahui kualitas modul elektonik IPA Terpadu tipe shared, 3) mengetahui respon siswa terhadap modul elektonik IPA Terpadu tipe shared yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan menurut 4D Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian berupa angket penilaian kualitas modul elektronik dengan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa yaitu menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Modul elektronik ini divalidasi oleh 3 orang validator, kemudian dinilai kualitasnya oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan 2 guru IPA SMP/MTs. Modul Elektronik IPA Terpadu diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap modul elekronik ini, yang terdiri dari uji coba skala kecil 5 orang siswa, dan uji coba skala besar sebanyak 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian ini: 1) Modul elektonik IPA Terpadu tipe shared untuk siswa SMP/MTs kelas VIII telah berhasil dikembangkan melalui prosedur penelitian pengembangan 4-D yang meliputi tahap: analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pengumpulan sumber belajar, desain produk, pembuatan produk, validasi produk, penilaian kualitas produk, ujicoba produk, revisi produk dan produk akhir berupa modul elektronik IPA Terpadu Tipe Shared, 2) kualitas modul elektronik IPA Terpadu yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli media memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masingmasing sebesar 85,53%; dan 83,65%, sedangkan menurut guru IPA memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80,47 %. 3) respon siswa SMP/MTs terhadap modul elektronik IPA Terpadu pada uji coba skala kecil maupun uji coba skala besar adalah Setuju (S) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 90% dan 91,83%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar IPA Terpadu di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ibu Ika Kartika, M.Pd.Si dan Bapak Widodo Setiyo Wibowo,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, Modul Elektronik, IPA Terpadu, Tipe Shared.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 11:24
Last Modified: 11 Feb 2016 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum