STUDI PENGARUH WAKTU KONTAK, KONSENTRASI, pH DAN REGENERASI KOMPOSIT TIO -KITOSAN DALAM MENGHILANGKAN ION LOGAM Cu(II)

DEFRI NURIDWAN, NIM. 09630040 (2014) STUDI PENGARUH WAKTU KONTAK, KONSENTRASI, pH DAN REGENERASI KOMPOSIT TIO -KITOSAN DALAM MENGHILANGKAN ION LOGAM Cu(II). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI PENGARUH WAKTU KONTAK, KONSENTRASI, pH DAN REGENERASI KOMPOSIT TIO -KITOSAN DALAM MENGHILANGKAN ION LOGAM Cu(II) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI PENGARUH WAKTU KONTAK, KONSENTRASI, pH DAN REGENERASI KOMPOSIT TIO -KITOSAN DALAM MENGHILANGKAN ION LOGAM Cu(II) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Telah dipelajari pengaruh waktu kontak, konsentrasi ion logam -kitosan dalam menghilangkan ion logam Cu(II). Proses menghilangkan ion logam Cu(II) dilakukan dengan menyinari campuran antara ion logam Cu(II) dengan komposit TiO Cu(II), pH larutan dan regenerasi komposit TiO 2 2 -kitosan melalui lampu UV black light (UV-BL) yang memiliki panjang gelombang 250-370 nm dalam reaktor tertutup. Larutan Cu(II) yang digunakan sebanyak 20 mL dengan massa komposit TiO kitosan yang digunakan sebesar 0,02 gram. Ion logam Cu(II) yang hilang diketahui berdasarkan selisih antara konsentrasi ion logam Cu(II) awal dengan konsentrasi ion logam Cu(II) sisa yang ditentukan dengan metode spektrofotometri serapan atom. Hasil penelitian uji aktivitas komposit TiO -kitosan dalam menghilangkan ion logam Cu(II) menunjukan pengurangan ion logam Cu(II) semakin meningkat bersamaan dengan kenaikan waktu kontak hingga 6 jam, konsentrasi Cu(II) hingga 9 ppm dan pH larutan hingga pH 6. Pengurangan ion logam Cu(II) mulai menurun setelah waktu kontak 6 jam dan konsentrasi ion logam Cu(II) 9 ppm. Ion logam Cu(II) yang hilang untuk pH 6 ke atas merupakan hasil dari Cu(II) yang mengendap. Kemampuan regenerasi komposit TiO 2 2 -kitosan dalam menghilangkan ion logam Cu(II) yang diperoleh adalah sampai penggunaan sebanyak 4 kali pengulangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TiO 2 -kitosan, TiO , kitosan, Ion logam Cu(II), Fotoreduksi, dan adsorpsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 11:30
Last Modified: 17 Feb 2016 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum