DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SEBAGIAN DARI SYARAT-SYARAT MEMPEROLEH GELAR SARJANA STRATA SATU DALAM ILMU HUKUM ISLAM

MOH. ZAINUR RIFA', NIM. 09370067 (2013) DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SEBAGIAN DARI SYARAT-SYARAT MEMPEROLEH GELAR SARJANA STRATA SATU DALAM ILMU HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SEBAGIAN DARI SYARAT-SYARAT MEMPEROLEH GELAR SARJANA STRATA SATU DALAM ILMU HUKUM ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MEMENUHI SEBAGIAN DARI SYARAT-SYARAT MEMPEROLEH GELAR SARJANA STRATA SATU DALAM ILMU HUKUM ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB)

Abstract

Karya ilmiah ini ditulis berkenaan dengan maraknya sebuah fenomena kondisi perpolitikan di Indonesia semakin lama semakin menuju sebuah titik puncak kejenuhan yang dirasakan oleh masyarakat di Negeri ini. Negara sebagai wadah bangsa untuk mencapai cita-cita atau tujuan bersama kini menjelma sebagai ruang kekuasaan yang hanya untuk kepentingan kelompok bahkan kepentingan pribadi semata, kesenjangan sosial kini semakin terjadi yang kaya kini semakin kaya sedangkan yang miskin tambah miskin. Pada dasarnya tujuan dari sebuah negara adalah untuk mencapai tujuan bersama atau cita-cita bersama yaitu mensejahterakan warganegaranya. Mengingat banyaknya fenomena sosial seperti itu, sampai saat ini pun, masyarakat masih belum mampu untuk melakukan sebuah terobosan baru dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di negara Indonesia ini baik pemerintah daerah, pemerintah pusat dan masyarakat pada umumnya, hal ini dikarenakan masih ada rasa phobia yang berlebihan dalam benak masyarakat terhadap pemerintah. Oleh sebab itu yang menjadi pertanyaannya adalah model alternatif demokrasi seperti apa yang mampu dan sesuai dengan sistem budaya di Indonesia. Adapun jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan sifat penelitian dekriptif-analitik dengan pendekatan normatif-sosiologis. Data diperoleh dari buku-buku, kitab, jurnal, undang-undang, artikel, dokumentasi, laporan hasil penelitian terdahulu dan sumber lain yang relevan dengan pembahasan yang dikaji. Setelah semua data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data tersebut dengan analisis deduktifeksploratif, yaitu seperti apa model alternatif demokrasi dalam sistem budaya Indonesia. Setelah melakukan kajian terhadap data, penelitian ini menyimpulkan bahwa ada sebuah model demokrasi yang sesuai dengan budaya yang ada di Indonesia yaitu demokrasi deliberatif. Model deliberatif ini menekankan pentingnya prosedur komunikasi untuk meraih legitimitas hukum di dalam sebuah proses pertukaran yang dinamis antara sistem politik dan ruang publik yang dimobilisasi secara kultural.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: SUBAIDI, S.Ag., M.Si.
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 14:52
Last Modified: 28 Apr 2016 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum