PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII

NUNIK HIDAYATUN, NIM. 09690023 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VIII )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul IPA Terpadu berbasis Starter Experiment Approach (SEA) untuk siswa SMP/MTs kelas VIII, (2) mengetahui kualitas modul IPA Terpadu berbasis Starter Experiment Approach (SEA) untuk siswa SMP/MTs kelas VIII, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap modul IPA Terpadu berbasis Starter Experiment Approach (SEA) untuk siswa SMP/MTs kelas VIII yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov dengan melibatkan lima langkah utama yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas modul IPA Terpadu (skala Likert) dan angket respon siswa (skala Guttman) yang dibuat dalam bentuk checklist. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan modul IPA Terpadu berbasis Starter Experiment Approach (SEA) untuk siswa SMP/MTs kelas VIII, (2) kualitas modul IPA Terpadu yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA SMP/MTs memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 90,83% ; 89,58%; dan 97,22% dari skor tertinggi ideal, (3) respon siswa SMP/MTs terhadap modul IPA Terpadu pada uji coba lapangan skala kecil maupun uji coba lapangan skala besar adalah Setuju (S) dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 90,90% dan 84,37%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul, IPA Terpadu, Starter Experiment Approach (SEA)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Mar 2014 14:47
Last Modified: 15 Feb 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum