PENGARUH BAGI HASIL, PEMBIAYAAN QARDH DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (DPK) BANK SYARIAH MANDIRI

AHMAD FAUZI, NIM. 06390111 (2013) PENGARUH BAGI HASIL, PEMBIAYAAN QARDH DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (DPK) BANK SYARIAH MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BAGI HASIL, PEMBIAYAAN QARDH DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (DPK) BANK SYARIAH MANDIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BAGI HASIL, PEMBIAYAAN QARDH DAN JUMLAH KANTOR BANK TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (DPK) BANK SYARIAH MANDIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Pada dasarnya tujuan utama suatu perusahaan adalah untuk memaksimumkan keuntungan dan meningkatkan kemakmurn pemiliknya, begitu juga dengan perbankan syariah. Dari dua tujuan utama perusahaan tersebut, maka pihak manajemen diharapkan dapat menghasilkan keuntungan yang optimal serta melakukan pengendalian yang seksama terhadap kegiatan operasional terutama yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh bagi hasil, pembiayaan qardh, dan jumlah kantor bank terhadap dana pihak ketiga (DPK) Bank Syariah Mandiri periode Januari 2009-Desember 2011. Sampel dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan Bank Syariah Mandiri Januari 2009 sampai Desemb ber 2011. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam kala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan pengambilan basis data kemudian disusun secara time series. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagi hasil, pembiayaan qardh, dan jumlah kantor bank. Sedangkan dana pihak ketiga (DPK) sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Januari 2009 sampai dengan Desember 2011. Untuk menjelskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama bagi hasil, pembiayaan qardh, dan jumlah kantor bank berpengaruh terhadap DPK Bank Syariah Mandiri. Namun secara parsial, bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap DPK, sedangkan pembiayaan qardh dan jumlah kantor bank berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap DPK. Berdasarkan uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 89,6%, hal ini berarti 89,6% besarnya DPK dapat dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel yang berpengaruh terhadap DPK. Sedangkan sisanya sebesar 10,4% (100%-89,6% = 10,4%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Kata kunci: Bank Syariah Mandiri, dana pihak ketiga (DPK), bagi hasil, pembiayaan qardh, jumlah kantor bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. SYAFIQ MAHMADAH H., S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah Mandiri, dana pihak ketiga (DPK), bagi hasil, pembiayaan qardh, jumlah kantor bank.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Mar 2014 08:03
Last Modified: 26 Sep 2016 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum