FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MASUK JAKARTA ISLAMIC INDEX

ANGIE CYNTIA WATI, NIM. 09390001 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MASUK JAKARTA ISLAMIC INDEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MASUK JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA YANG MASUK JAKARTA ISLAMIC INDEX)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB)

Abstract

Opini going concern yang diterima oleh sebuah perusahaan menunjukkan adanya kondisi dan peristiwa yang menimbulkan keraguan auditor akan kelangsungan hidup perusahaan. Beberapa penelitian mengenai faktor-faktor yang berpengaruh pada opini audit going concern telah dilakukan. Namun, hasil penelitian tersebut masih menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan menguji kembali faktor-faktor yang memengaruhi opini audit going concern. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan opini audit going concern dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio leverage, opini audit tahun sebelumnya, dan opinion shopping. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan auditor independen dan laporan keuangan perusahaan diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan www.idx.com dari tahun 2009 sampai tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk Jakarta Islamic Index tahun 2009-2011, sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang konsisten masuk Jakarta Islamic Index selama periode pengamatan (2009- 2011). Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regression logistic. Berdasarkan hasil regresi logistik, opini audit tahun sebelumnya menunjukkan hasil 0,043 < 0,05 yang artinya opini audit tahun sebelumnya berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan likuiditas, profitabilitas, leverage, dan opinion shopping tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada variabel lain diluar variabel penelitian yang menjadi pertimbangan auditor dalam pengeluaran opini audit going concern. Kata Kunci : Likuiditas, profitabilitas, leverage, opini tahun sebelumnya, opinion shopping, opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. MISNEN ARDIYANSYAH, S.E., M.Si.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Mar 2014 07:39
Last Modified: 26 Sep 2016 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum