PERSEPSI AKUNTAN TENTANG PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA BMT DI KABUPATEN KLATEN

ANINDITA WAHYU ARISTYANDINI, NIM. 09390094 (2013) PERSEPSI AKUNTAN TENTANG PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA BMT DI KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI AKUNTAN TENTANG PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA BMT DI KABUPATEN KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI AKUNTAN TENTANG PENERAPAN PSAK NO. 101 PADA BMT DI KABUPATEN KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan PSAK N0.101 dalam penyajian laporan keuangan syariah pada Baitul Maal wa Tamwil (BMT) di Kabupaten Klaten. Indikator yang digunakan untuk mengukur penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan lembaga keuangan syariah adalah laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, laporan sumber dan penggunaan dana zakat, dan laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan. Data dilihat dari persepsi akuntan tentang penyajian laporan keuangan di masing-masing BMT. Persepsi sebagai suatu proses dimana seseorang melakukan pengorganisasian, dan penginterprestasian atas informasi yang diterimanya dari lingkungan yang juga merupakan suatu proses kognitif yang dialami oleh setiap orang dalam memahami informasi tentang lingkungannya Metode penelitian yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode survey yang dilakukan dengan datang langsung ke Baitul Maal wa Tamwil (BMT) dan menyebar kuesioner dengan pertanyaan tentang pengakuan, pengukuran, pengungkapan dan penyajian laporan keuangan. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 18 BMT di Kabupaten Klaten dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Dengan menggunakan kuesioner data dari sampel dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif uji frekuensi, yaitu menggambarkan fenomena penyajian laporan keuangan yang diatur menurut PSAK No.101 dengan penyajian laporan keuangan yang disajikan oleh BMT. Dalam penelitian ini juga digunakan uji Chi-Square yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara kareakteristik responden dengan frekuensi jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persepsi akuntan mengambarkan bahwa 97.32% persepsi akuntan tentang variabel pengakuan, 91.3% persepsi akuntan tentang variabel pengakuan, 99.3% persepsi akuntan tentang variabel pengungkapan, dan 95.0% persepsi akuntan tentang penyajian laporan keuangan pada BMT di Kabupaten Klaten menunjukkan bahwa BMT telah menerapkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.101, sehingga dari persepsi akuntan, BMT telah memenuhi syarat unsur pengakuan, pengukuran, pengungkapan, dan penyajian laporan keuangan sesuai PSAK No.101. Kata Kunci: PSAK No.101, pengakuan, pengukuran, pengungkapan, penyajian laporan keuangan, Baitul Maal wa Tamwil (BMT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. MISNEN ARDIANSYAH, SE., MSi.
Uncontrolled Keywords: PSAK No.101, pengakuan, pengukuran, pengungkapan, penyajian laporan keuangan, Baitul Maal wa Tamwil (BMT).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Mar 2014 07:39
Last Modified: 26 Sep 2016 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum