ANALISIS RISIKO PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS : PENUTUPAN HARGA SAHAM HARIAN YANG TERDAFTAR JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JUNI 2013)

RYKE TURYA NINGSIH, NIM. 08610033 (2014) ANALISIS RISIKO PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS : PENUTUPAN HARGA SAHAM HARIAN YANG TERDAFTAR JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JUNI 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RISIKO PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS : PENUTUPAN HARGA SAHAM HARIAN YANG TERDAFTAR JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JUNI 2013))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RISIKO PORTOFOLIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO (STUDI KASUS : PENUTUPAN HARGA SAHAM HARIAN YANG TERDAFTAR JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE JANUARI 2011- JUNI 2013))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Risiko portofolio adalah ketidakpastian yang dihadapi karena nilai uang atau harga suatu aset atau investasi menjadi lebih kecil daripada tingkat pengembalian investasi yang diharapkan. Tujuan dari penulisan ini adalah menjelaskan analisis risiko portofolio dengan metode Simulasi Monte Carlo, langkah–langkah analisis risiko portofolio dengan metode Simulasi Monte Carlo serta menunjukkan aplikasi analisis risiko portofolio. Analisis risiko portofolio dengan metode Simulasi Monte Carlo menggunakan penghitungan Value at Risk (VaR) yang merupakan suatu alat statistik untuk mengukur kerugian maksimal dalam portofolio tersebut. Perhitungan VaR mengasumsikan bahwa return aset-aset pembentuk portofolio berdistribusi normal, sehingga return portofolio berdistribusi normal multivariat yang kemudian disimulasikan dengan menggunakan parameter yang sesuai. Dalam perhitungan analisis risiko portofolio langkah-langkah utama adalah menentukan tingkat kepercayaan atau taraf signifikansi ( ), periode waktu yang dipilih, menentukan nilai parameter return aset serta korelasi antar aset, mensimulasikan nilai return, menghitung return portofolio, mencari estimasi kerugian maksimum, menghitung nilai Value at Risk yang dinotasikan dengan aR (1− )( ) = 0 *√ . Hasil perhitungan nilai VaR portofolio saham tersebut diperoleh VaR sebesar -23.371.718,12(tanda negatif menunjukkan kerugian) dengan tingkat kepercayaan 95 % dan periode waktu satu hari yang dapat diartikan bahwa kerugian yang mungkin akan diderita investor tidak akan melebihi nilai VaR tersebut, atau dapat dikatakan ada kemungkinan sebesar 5% bahwa kerugian investasi pada portofolio yang terdiri dari saham PT.Astra International Tbk (ASII), PT.Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT.Semen Gresik Tbk (SMGR), PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk (TKLM), dan PT.Kalbe Farma Tbk (KLBF) sebesar Rp. 23.371.718,12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Return and Risk (risiko), Portofolio, Simulasi Monte Carlo, VaR
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 15:10
Last Modified: 20 Jan 2016 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum