EFEKTIVITAS METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN

TRI HARTOYO, NIM. 08680056 (2014) EFEKTIVITAS METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 GANTIWARNO KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; keefektifan metode Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan partisipasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII di SMP N 2 Gantiwarno Klaten, dan keefektifan metode Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII di SMP N 2 Gantiwarno Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian mengunakan pola Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa VII, pengambilan sampel dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara Cluster Random Sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui instrumen tes (pretest-posttest) dan observasi partisipasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney U-test untuk data partisipasi belajar dan uji Independent sample t-test untuk data hasil belajar dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh bahwa Metode Active Knowledge Sharing lebih efektif meningkatan partisipasi belajar IPA Biologi siswa pada materi pengelolaan lingkungan dibandingkan metode konvensional, berdasarkan hasil uji Mann- Whitney U-test dengan signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05). Untuk hasil belajar pada aspek kognitif siswa, Metode Active Knowledge Sharing lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi pengelolaan dibandingkan metode ceramah interaktif dilihat dari hasil uji Independent sample t-test dengan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Active Knowledge Sharing, partisipasi belajar dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 15:23
Last Modified: 07 Mar 2016 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum