ANALISIS RUTE DISTRIBUSI GUNA PENJADWALAN SISTEM TRANSPORTASI PRODUK X DENGAN PENDEKATAN METODE SAVING MATRIX

TIASTONO TAUFIQ, NIM. 09660020 (2014) ANALISIS RUTE DISTRIBUSI GUNA PENJADWALAN SISTEM TRANSPORTASI PRODUK X DENGAN PENDEKATAN METODE SAVING MATRIX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS RUTE DISTRIBUSI GUNA PENJADWALAN SISTEM TRANSPORTASI PRODUK X DENGAN PENDEKATAN METODE SAVING MATRIX )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS RUTE DISTRIBUSI GUNA PENJADWALAN SISTEM TRANSPORTASI PRODUK X DENGAN PENDEKATAN METODE SAVING MATRIX )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sasaran pada sistem distribusi adalah dapat melakukan pengiriman produk secara tepat, cepat, serta menghasilkan biaya yang minimal. Oleh karena itu, pengembangan sistem distribusi sangatlah penting karena dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rute distribusi dan melakukan penjadwalan sistem transportasi dengan tepat. PT. BTR merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan logam di Indonesia. Permasalahan yang muncul adalah pengiriman produk yang lambat, jarak terlalu panjang, rute belum terjadwal dengan baik, utilisasi alat angkut yang kurang maksimal, dan biaya distribusi yang cukup tinggi. Untuk mengatasi masalah PT. BTR, maka diperlukan sebuah metode terbaik, yaitu metode Saving Matrix yang digunakan untuk menentukan rute distribusi produk ke wilayah pemasaran berdasarkan kapasitas alat angkut yang digunakan. Dari hasil perhitungan matematis dengan metode Saving Matrix diperoleh 21 rute terbaik bagi PT. BTR. Jarak yang harus ditempuh adalah sejauh 4842.8 kilometer dengan biaya distribusi yang meliputi biaya bahan bakar (BBM), biaya tenaga kerja, biaya retribusi, biaya perawatan, dan biaya makan sebanyak Rp. 30.905.270. Penghematan jarak yang dihasilkan adalah sebesar 50.91% (5022 Km), sedangkan penghematan biaya distribusi yang terjadi adalah sebesar 52.78% atau Rp. 34.538.550.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yandra Rahadian Perdana, M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Distribusi, Transportasi, Saving Matrix
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:29
Last Modified: 23 Mar 2016 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum