PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGAWEN

SUSANTI, NIM. 09680008 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGAWEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGAWEN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGAWEN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor kelas VIII di SMP N 1 Ngawen, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap peggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing kelas VIII di SMP N 1 Ngawen. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimen), dengan desain penelitian Pretest and postest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data hasil belajar pada aspek kognitif menggunakan uji Anova satu jalur, hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann-Whitney U, dan tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji anava satu jalur dengan nilai signifikansi p < 0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada aspek afektif. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney U dengan nilai signifikansi p < 0,05. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek psikomotor. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann-Whitney U dengan nilai signifikansi p < 0,05. 4) Siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan persentase 66,67 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan, Media Tiga Dimensi.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:51
Last Modified: 07 Mar 2016 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum