TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSESI SEBAMBANGAN DALAM PERNIKAHAN ADAT LAMPUNG SAI BATIN (STUDI KASUS DI TALANG PADANG TANGGAMUS LAMPUNG)

RAHMAT BUDI NURYADIN, NIM. 08350022 (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSESI SEBAMBANGAN DALAM PERNIKAHAN ADAT LAMPUNG SAI BATIN (STUDI KASUS DI TALANG PADANG TANGGAMUS LAMPUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSESI SEBAMBANGAN DALAM PERNIKAHAN ADAT LAMPUNG SAI BATIN (STUDI KASUS DI TALANG PADANG TANGGAMUS LAMPUNG))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSESI SEBAMBANGAN DALAM PERNIKAHAN ADAT LAMPUNG SAI BATIN (STUDI KASUS DI TALANG PADANG TANGGAMUS LAMPUNG))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Judul yang di bahas dalam tulisan ini adalah “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Prosesi Sebambangan Dalam Pernikahan Adat Lampung Sai batin (Studi Kasus di Talang Padang Tanggamus Lampung)”. Prosesi Sebambangan ini dilakukan oleh muda-mudi sebelum melangsungkan ijab qobul. Prosesi ini merupakan salah satu warisan budaya adat dari nenek moyang, untuk menuju rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah. Sebambangan dilakukan dengan cara membawa lari seorang gadis dari rumahnya tanpa sepengetahuan keluarga pihak gadis, ke rumah Pejabat adat jukhagan (Sebatin/Khadin) dari pikhak bujang yang diketahui oleh keluarga pihak bujang untuk dinikahi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai prosesi sebambangan dan memberikan penjelasan mengenai pandangan hukum islam terhadap sebambangan. Jenis penelitian yang digunakan bersifat Field Risearch (Penelitian lapangan), dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah adat sebambangan tidak sejalan dengan normanorma hukum islam. Hal ini terjadi karena ada prosesi adat sebambangan yang bertentangan dengan Al-Quran dan sunah. Namun hingga saat ini sebambangan masih dilestraikan karena adat sebambangan dilandasi atas dasar keyakinan yang ada secara turun temurun dari generasi ke generasi. Kata Kunci: Sebambangan, Pernikahan, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dra. Hj. ERMI SUHASTI S, MSI.
Uncontrolled Keywords: Sebambangan, Pernikahan, Hukum Islam.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2014 08:04
Last Modified: 18 Apr 2016 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11056

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum