PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 1-4 TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI ASRAMA TAKHASUS PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA

SITI NURSHIAMUL KAMILAH , NIM. 10421003 (2014) PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 1-4 TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI ASRAMA TAKHASUS PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 1-4 TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI ASRAMA TAKHASUS PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 1-4 TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI ASRAMA TAKHASUS PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SITI NURSHIAMUL KAMILAH, Pengaruh Hafalan Al-Qur‟an juz 1-4 Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa kelas VIII Asrama Takhasus Putri MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh hafalan al-Qur‟an juz VIII terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VIII Asrama Takhasus Putri MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diinterprestasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : nilai rata-rata tes hafalan al-Qur‟an juz 1-4 siswa kelas VIII termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 64,31. Sedangkan nilai rata-rata tes tingkat penguasaan mufrodat siswa termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 69,94. Kemudian dapat diketahui bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara hafalan al-Qur‟an juz 1-4 dengan penguasaan mufrodat siswa kelas VIII Asrama Takhasus Putri MTs Wahid Hasyim Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,868. Sehingga hubungan ini termasuk dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian kesimpulannya adalah tinggi rendahnya hafalan al-Qur‟an kuat hubungannya dengan tinggi rendahnya penguasaan mufrodat siswa kelas VIII Asrama Takhasus Putri MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Semakin banyak hafalan al-Qur‟an yang dihafal siswa semakin tinggi pula tingkat penguasaan mufrodat yang dicapai siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, M.A
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 11:36
Last Modified: 24 Jul 2017 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11067

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum