KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERAT WEDHATAMA KARYA K.G.P.A.A MANGKUNEGARA IV DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

ARDI RAHMAD, NIM. 08410149 (2014) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERAT WEDHATAMA KARYA K.G.P.A.A MANGKUNEGARA IV DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERAT WEDHATAMA KARYA K.G.P.A.A MANGKUNEGARA IV DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERAT WEDHATAMA KARYA K.G.P.A.A MANGKUNEGARA IV DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ARDI RAHMAD. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Serat Wedhatama karya K.G.P.A.A Mangkunegara IV dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2008. Indonesia sesungguhnya mempunyai kebudayaan yang tinggi dan adiluhung warisan nenek moyang yang ajaran-ajarannya tidak kalah penting dengan ajaran-ajaran, teori-teori, dan faham dari Barat. Salah satunya adalah kitab Wedhatama. Serat Wedhatama merupakan salah satu Kitab Jawa Kuno (kitab piwulang dan piweling) yang sangat popular di kalangan masyarakat Jawa. Dalam serat Wedhatama terdapat piwulang dan piweling luhur yang berisi tentang konsep ketuhanan, kemasyarakatan dan kemanusiaan. Whedatama dari kata “wheda” berarti ilmu dan “tama” berarti utama, “wedhatama” pengetahuan yang utama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan dengan sumber primer penelitian yaitu Serat Wedhatama karya K.G.P.A.A Mangkunegara IV. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode interpretasi, yakni menunjukkan arti, mengungkapkan serta mengatakan esensi dari konsep pemikiran K.G.P.A.A Mangkunegara IV yang tertuang dalam Serat Wedhatama secara objektif. Dalam menarik sebuah kesimpulan, digunakan metode berfikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Serat wedhatama berisi konsep pendidikan karakter sesuai Indonesia Heritage Foundation (IHF) diantaranya Cinta Tuhan dan Segenap Ciptaan-Nya (Love Allah, trust, reverence, loyality) , Kemandirian Dan Tanggung Jawab (Responsibility, Excelellence, Self Reliance, Dicipline, Orderliness) , Kejujuran/Amanah, Bijaksana, (Trustworthiness, Reliability, Honesty) , Hormat dan Santun (Respect, Courtesy, Obedience) , Dermawan, Suka Menolong dan Gotong Royong (Love, Compassion, Caring, Emphaty, Generousity, Moderation, Cooperation) , Percaya Diri, Kreatif, Dan Pekerja Keras (Confidence, Assertiviness, Creativity, Resourcarefulness, Courage, Determination And Enthusiasm) , Kepemimpinan Dan Keadilan (Justice, Fairness, Mercy, Leadership), Baik Dan Rendah Hati (Kindness, Friendliness, Humility, Modesty) , Toleransi, Kedamaian, dan Kesatuan (Tolerance, Flexibility, Peacefulness, Unity) 2) Relevansi Konsep Pendidikan Karakter dalam Serat Wedhatama karya K.G.P.A.A Mangkunegara ke IV dapat dilihat melalui keterlibatannya dalam beberapa bait sesuai dengan Al-Qur’an. 3) Relevansi Konsep pendidikan karakter dalam serat Wedhatama karya K.G.P.A.A. Mangkunegara IV dibagi menjadi dua yaitu relevansi secara langsung dan relevansi secara tidak langsung. Dalam Penelitian ini ada 3 Kata Kunci Yaitu : 1. Pendidikan Karakter 2. Serat Wedhatama Karya K.G.P.A.A. Mangkunegara IV 3. Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 11:45
Last Modified: 02 Aug 2017 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11070

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum