METODE BERNYANYI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SANTRI PEMULA DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI TAHUN AJARAN 2013/2014

LAILY NABILAH, NIM. 09420084 (2014) METODE BERNYANYI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SANTRI PEMULA DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE BERNYANYI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SANTRI PEMULA DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE BERNYANYI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SANTRI PEMULA DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Arab pada kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa tanpa menggunakan metode bernyanyi dalam belajar bahasa Arab) Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.0 for Windows. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus kolmogorov-smirnov, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus uji F. Analisis data yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan uji “t” Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Arab kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa tanpa metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab). Hal ini berarti bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode bernyanyi tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas pemula Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri karena beberapa sebab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, M.A.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 12:31
Last Modified: 31 May 2017 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum