PLURALISME AGAMA DALAM FILM “?” (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)

SUPIANDI, NIM. 08410104 (2014) PLURALISME AGAMA DALAM FILM “?” (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PLURALISME AGAMA DALAM FILM “?” (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PLURALISME AGAMA DALAM FILM “?” (TINJAUAN MATERI DAN METODE DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SUPIANDI, Pluralisme Agama Dalam Film “?” (Tinjauan Materi Dan Metode Dari Perpsektif Pendidikan Agama Islam). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Latar belakang penelitian ini adalah banyak orang yang tidak memahami pluralisme dan bahkan banyak kelompok yang menentang pluralisme hal ini dikarenakan mereka beranggapan bahwa pluralisme berarti harus mengakui keberadaan dan kebenaran kelompok lain. Hal ini juga berpengaruh terhadap banyaknya konflik yang terjadi, misalnya konflik Ambon tahun 1999, Sampit di Kalimantan tahun 2001. Ditengah begitu derasnya film-film yang miskin akan nilai transendental dalam masyarakat, muncul beberapa film yang sarat dengan nilai dan memberikan kritik sosial, salah satunya adalah film “?” (Tanda Tanya). Film ini bertemakan pluralisme agama di Indonesia yang sering terjadi konflik antar keyakinan beragama. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pluralisme agama ditampilkan dalam film “?” (Tanda Tanya), materi dan metode pendidikan agama Islam apa saja yang terkandung di dalam film “?” (Tanda Tanya). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pluralisme agama ditampilkan dalam film “?” (Tanda Tanya) dan materi serta metode pendidikan agama Islam apa saja yang terdapat di dalam film “?” (Tanda Tanya). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian perpustakaan (library research), dimana penulis meneliti film “?” (Tanda Tanya). Di sini, film “?” (Tanda Tanya) sebagai obyek formal penelitian, dan penulis berusaha menganalisis film “?” (Tanda Tanya) yang bertujuan mengetahui pluralisme serta materi dan metode pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam film tersebut. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian film “?” (Tanda Tanya) menunjukkan bahwa film ini menampilkan pluralisme dengan baik, menyikapi perbedaan antar agama dengan cara dialog, bijaksana serta bersikap inklusif agar tidak terjadi konflik antar agama. Nilai-nilai pluralisme dalam film “?” (Tanda Tanya) merupakan nilai akhlak; yaitu akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada diri sendiri dan juga akhlak terhadap masyarakat. Sedangkan metode pendidikan Islam yang terdapat dalam film “?” (Tanda Tanya) adalah dialog, nasihat, tanya jawab, dan juga ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 12:56
Last Modified: 28 Jul 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum