PROBLEMATIKA PENULISAN SKRIPSI BERBAHASA ARAB JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA (TAHUN AJARAN 2009-2012)

IKHSAN ROSADI , NIM. 06420020 (2014) PROBLEMATIKA PENULISAN SKRIPSI BERBAHASA ARAB JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA (TAHUN AJARAN 2009-2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENULISAN SKRIPSI BERBAHASA ARAB JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA (TAHUN AJARAN 2009-2012))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENULISAN SKRIPSI BERBAHASA ARAB JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA (TAHUN AJARAN 2009-2012))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bahasa yang diperbolehkan untuk menulis Skripsi di jurusan PBA adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Akan tetapi mayoritas mahasiswa menulis skripsi menggunakan bahasa Indonesia, hanya sedikit saja yang menulis menggunakan bahasa Arab. Padahal seharusnya mereka mampu menulis skripsi menggunakan bahasa Arab karena mereka adalah mahasiswa jurusan tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah motivasi mahasiswa yang menulis skripsi menggunakan bahasa Arab, mengetahui kesulitan-kesulitan mereka, dan mengetahui cara mereka mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subyek utama penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PBA yang menulis skripsi menggunakan bahasa Arab. Motivasi mahasiswa PBA yang menulis skripsi menggunakan bahasa Arab adalah mengaplikasikan ilmu bahasa Arab yang telah mereka dapatkan sebelumnya, dan mereka sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab merasa malu jika menulis skripsi menggunakan bahasa Indonesia. Permasalahan yang mereka hadapi ketika menulis skripsi berbahasa Arab adalah masalah minimnya kosa kata yang mereka kuasai, dan masalah gramatika. Mereka berhasil mengatasi permasalahan tersebut dengan cara berkonsultasi kepada orang lain yang lebih menguasai bahasa Arab, bantuan kamus, dan mendatangi perpustakaan untuk mencari buku-buku yang mereka butuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: skripsi berbahasa arab, motivasi, problematika
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 12:58
Last Modified: 31 May 2017 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum