PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MEMAHAMI KITAB KUNING DI KELAS SHOROF PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

AZIZATUL HABIBAH , NIM. 09420124 (2014) PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MEMAHAMI KITAB KUNING DI KELAS SHOROF PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MEMAHAMI KITAB KUNING DI KELAS SHOROF PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MEMAHAMI KITAB KUNING DI KELAS SHOROF PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Azizatul Habibah, Penerapan Metode Sorogan dalam Memahi kitab Kuning Di kelas shorofPondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sorogan diPondok PesantrenAl-Luqmaniyyah Yogyakarta. Metode sorogan merupakan metode tradisioanal yang diterapkan di Pondok Pesantren al- Luqmaniyyah untuk membantu santri dalam membaca dan memahami kitab kuning. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya: perilaku, persepsi, tindakan secara menyeluruh, dan mendeskripsikan dengan bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Untuk memperoleh data yang kongkrit dalam penelitian di lapangan, maka digunakan penelitian studi kasus, untuk menjelaskan dan menguraikan komprehensif mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, suatu organisasi (komunitas), suatu program dan situasi sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode sorogan ini berjalan baik, santri aktif dalam mempelajari dan memahami kitab kuning karena kegiatan belajar mengajar secara individual dapat meningkatkan keaktifan santri dalam membahas masalah dan memecahkannya, dengan penerapan metode sorogan ini akan menimbulkan proses pembelajaran yang beragam. Penelitian ini diharapakan dapat dijadikan pertimbangan para ustadz dalam menentukan metode dalam pembelajaran kitab kuning khususnya di Pondok Pesantren, dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M.Jafar shodiq, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Sorogan, kitab Kuning.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 13:28
Last Modified: 29 Mar 2022 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum