KLASIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA

ASHIF AZ ZAFI, NIM. 10411031 (2014) KLASIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KLASIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KLASIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

ASHIF AZ ZAFI. Klasifikasi Gaya Mengajar Guru PAI di SMAN 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya masalah terkait gaya mengajar Guru PAI. Masalah tersebut seperti guru yang mengajar tidak sesuai bidang studinya, tidak mampu mengelola pembelajaran dengan baik, tidak mampu melakukan sosialisasi dengan siswa sehingga menimbulkan pembelajaran yang tidak menarik dan rendahnya prestasi belajar siswa. SMA Negeri 1 Yogyakarta sebagai sekolah teladan di Yogyakarta akan menjadi percontohan mengenai gaya mengajar Guru PAI yang baik karena terbukti prestasi belajar siswanya baik. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana klasifikasi gaya mengajar Guru PAI dan bagaimana dampaknya terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengklasifikasikan Guru PAI berdasarkan gaya mengajarnya serta menganalisis dampaknya terhadap prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketiga Guru PAI di SMA Negeri 1 Yogyakarta yaitu Bapak Drs. Syahrullah M, Bapak Muhammad Anas, S.Pd.I dan Bapak M. Masyhudi, S.Ag dapat diklasifikasikan ke dalam Gaya Mengajar Demokratis. (2) Gaya Mengajar Demokratis Guru PAI berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hanya terdapat 6 siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari total 74 siswa. Ini berarti 92% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 8% siswa tidak dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Tasman Hamami, MA,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 13:51
Last Modified: 02 Aug 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum