URGENSI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB (KHAT}) DALAM MELATIH KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

DEDI MUSTHOFA , NIM. 09420064 (2014) URGENSI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB (KHAT}) DALAM MELATIH KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( URGENSI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB (KHAT}) DALAM MELATIH KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( URGENSI PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ARAB (KHAT}) DALAM MELATIH KEMAHIRAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS I DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

Dedi Musthofa. Urgensi Pembelajaran Seni Kaligrafi (Khat}) Dalam Melatih Kemahiran Menulis Bahasa Arab Kelas I Di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kaligrafi (Khat}) merupakan salah satu pelajaran muatan lokal yang telah diajarkan di MI Sultan Agung Depok Sleman sejak dari kelas 1 hingga kelas 6. Selain mengajarkan kaidah menulis indah juga melatih anak sejak dini agar dapat menulis huruf-huruf Arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Mata pelajaran kaligrafi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelajaran bahasa Arab khususnya dalam aspek kemahiran menulis siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait pentingnya pembelajaran seni kaligrafi dalam melatih kemahiran menulis bahasa Arab siswa kelas 1 di MI Sultan Agung Depok Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kaligrafi kelas 1, bagaimana kendala/kesulitan dalam proses pembelajaran dan seberapa pentingkah pembelajaran kaligrafi dalam melatih kemahiran menulis bahasa Arab kelas 1 dalam kaitannya dengan pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MI Sultan Agung Depok Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1, guru seni kaligrafi, guru bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran kaligrafi tidak berjalan dengan baik karena banyak siswa yang masih merasa kesulitan memahami materi yang diberikan. Hal tersebut penulis ketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan siswa. (2) kendala-kendala yang dihadapi berasal dari beberapa faktor yaitu dari siswa, guru maupun sekolah seperti (a) kurangnya jam pelajaran (b) latar belakang siswa (c) masih sulitnya memberikan pemahaman kepada siswa karena siswa memang belajar dari dasar. (3) urgensi pembelajaran kaligrafi terlihat ketika siswa lebih merasa senang belajar bahasa Arab, mudah dalam membaca materi bahasa Arab dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab. Dan itu semua tidak terlepas dari hasil latihan-latihan menulis huruf Arab pada pelajaran kaligrafi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Asrori Saud, M.S.I
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Mar 2014 14:02
Last Modified: 05 May 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum