PENGARUH EVA DAN RASIO – RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH 2007 – 2010

SAWALDI, NIM. O6390100 (2013) PENGARUH EVA DAN RASIO – RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH 2007 – 2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH EVA DAN RASIO – RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH 2007 – 2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH EVA DAN RASIO – RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH 2007 – 2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan atau applied research. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh EVA, EPS, ROA dan ROE secara simultan dan parsial terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Populasi sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka) yang dikumpulkan dengan teknik pengambilan basis data secara kemudian disusun secara pooling. periode penelitian yaitu tahun 2007 sampai dengan tahun 2010. Variabel independen dari penelitian ini adalah EVA, EPS, ROA dan ROE, yang termasuk dalam rasio-rasio profitabilitas sedangkan variabel dependennya adalah harga saham. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan EVA, EPS, ROA dan ROE mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Namun secara parsial EVA dan rasio-rasio profitabilitas yang berpengaruh terhadap harga saham yaitu EVA dan EPS. Sedangkan ROA dan ROE tidak mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Secara simultan EVA, EPS, ROA dan ROE berpengaruh terhadap harga saham. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,892, hal ini berarti 89,20% variasi harga saham dapat dijelaskan oleh variasi dari empat variabel yang berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan sisanya (100% - 89,20% = 10,80%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Kata kunci : Harga Saham, EVA, EPS, ROA dan R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: SUNARYATI, SE., M,Si.
Uncontrolled Keywords: Harga Saham, EVA, EPS, ROA dan R
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2014 11:17
Last Modified: 26 Sep 2016 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum