PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Mandiri Tbk dan Bank Syariah Mandiri Tbk)

SOLIKHAH, NIM. 09390068 (2013) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Mandiri Tbk dan Bank Syariah Mandiri Tbk). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Mandiri Tbk dan Bank Syariah Mandiri Tbk))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Mandiri Tbk dan Bank Syariah Mandiri Tbk))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (686kB)

Abstract

Good Corporate Governance adalah kumpulan hukum, peraturan, dan kaidah-kaidah yang wajib dipenuhi, yang dapat mendorong kinerja sumbersumber perusahaan agar berfungsi secara efisien guna menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun masyarakat sekitar secara keseluruhan. Adanya penerapan GCG dalam perusahaan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerpan Good Corporate Governance pada Bank Mandiri Tbk dan Bank mandiri Syariah Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan data sekunder. Data yang digunakan merupakan laporan keuangan triwulanan dari Bank Mandiri Tbk dan Bank mandiri Syariah Tbk. Metode pengumpulan yang digunakan adalah dokumentasi dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan adalah Paired Sample T-test dan Independent T-test. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji dengan paired sample t-test pada Bank Mandiri sebelum dan sesudah penerapan GCG terdapat perbedaan kinerja keungannya dilihat dari rasio likuidaitas dan profitabilitasnya, untuk rasio solvabilitasnya tidak menunjukkan adanya perbedaan. Sedangkan untuk Bank Mandiri Syariah sebelum dan sesudah penerapan GCG menunjukkan terdapat perbedaan kinerja keuangan dilihat dari rasio likuiditas dan solvabilitasnya, untuk rasio profitabilitasnya tidak menunjukkan adanya perbedaan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2014 11:14
Last Modified: 28 Sep 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum