MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM TAKHASUS BACA KITAB KUNING KELAS X MA UNGGULAN AL-IMDAD PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

MAHENDRA GALIH SAPUTRA, NIM. 10420023 (2014) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM TAKHASUS BACA KITAB KUNING KELAS X MA UNGGULAN AL-IMDAD PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM TAKHASUS BACA KITAB KUNING KELAS X MA UNGGULAN AL-IMDAD PANDAK BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text ( MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM TAKHASUS BACA KITAB KUNING KELAS X MA UNGGULAN AL-IMDAD PANDAK BANTUL YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)

Abstract

Mahendra Galih Saputra, Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Program Takhasus Baca Kitab Kuning Kelas X MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab di program takhasus baca kitab kuning kelas X MA Unggulan Al-Imdad yang ditinjau dari fungsi manajemen pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan konstribusi pemikiran atau informasi bagi lembaga pendidikan, bagi pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab pendidikan baik guru, kepala sekolah maupun siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif analitik, yaitu dengan menjelaskan, menafsirkan serta mengklarifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena. Subjek penelitian adalah guru pembimbing program takhasus baca kitab kuning kelas X, siswa-siswi kelas X MA Unggulan Al-Imdad yang berjumlah 11 siswa, dan karyawan serta kepala sekolah MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta. Instrument dalam penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman analisis dokumen, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab di program takhasus baca kitab kuning kelas X MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta, bersifat terbuka dan demokratis karena komponen fungsi-fungsi manajemen sudah terpenuhi, yang terdiri dari perencanaan, penggorganisasian, pengimplementasian dan pengawasan. Pendekatan serta strategi pembelajaran yang diterapkan dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Lingkungan yang telah disediakan oleh sekolah dengan sistem full day school membantu siswa lebih fokus dalam pembelajaran bahasa Arab di program takhasus baca kitab kuning kelas X dan adanya guru-guru yang berkompeten dalam bidang baca kitab kuning di MA Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul Yogyakarta menjadikan pembelajaran lebih maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Adapun kekurangannya adalah belum adanya silabus dan RPP yang baku dalam pembelajaran bahasa Arab di program takhasus baca kitab kuning dan fasilitas pembelajaran yang minimum membuat pembelajaran bahasa Arab di program takhasus kelas X masih menggunakan pembelajaran yang manual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi, S.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Key Words: Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Program Takahsus
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 10:03
Last Modified: 02 Mar 2022 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum