STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA (STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA)

SISKA KURNIAWATI , NIM. 09470017 (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA (STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA (STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA (STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI I BANTUL, YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

SISKA KURNIA W ATI. Strategi Pengembangan Silcap Kemandirian Pada Anak Tunagrahita di SLB N 1 Bantul Y ogyakarta. Skripsi. Jurusan Kependidikan Islam, PakuHas Ilmu T arbiyah daft K~~i'UAI\ Ul\tV~r~itM IYIRm Ne~et'i ~umm Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari keprihatinan seorang penulis terhadap anak-anak yang mengalami kebutuhan khusus (tunagrahita) yang selama ini banyak ditelantarkan oleh para orang tua dan masyarakat. Dengan keadaan tersebut bukan berarti mereka tidak memiliki peran di keluarga maupun di masyarakat dan tidak berhak mendapatkan pendidikan. Justru anak-anak sepetii itu yang harus mendapatkan pendidikan khusus, terutama oleh kedua orang tuanya agar mampu mandiri dan berperan dalam masyarakat untuk masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan kemandirian dan proses pelaksanaan strategi pengembangan kemandirian serta hasil pelaksanaan strategi pengembangan kemandirian pada anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif dengan mengambil obyek di SLB N 1 Bantul Y ogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) Pengumpulan Data, 2) Reduksi Data, 3) Penyajian Data, 4) Simpulan. Adapun penelitian ini memakai teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi sumber data dan metode. HasH penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan sikap kemandirian pada anak tunagrahita di SLB N I Bantu} Y ogyakarta adalah 1. Strategi Pengembangan Kemandirian anak tunagrahita a). Strategi Kelompok tujuannya agar siswa mampu memecahkan masalah secara berkelompok dan agar anak tidak cepat bosan b) Strategi Individual tujuannya membantu seorang siswa dalam memecahkan masalah baik masalah yang ada disekolah maupun dirumah dengan cara melalui kegiatan pembelajaran secara individu dan digunakan sebagai cara untuk mengetahui seberapa besar kemampuan setiap anak tunagrahita. c) Strategi modifikasi tujuannya membantu seorang siswa dalam merubah sikap atau perilakunya agar menjadi lebih baik lagi. 2. Pelaksanaan strategi kemandirian anak tunagrahita adalah membantu anak tunagrahita dalam memecahkan masalah yang berhubungan di sekolah maupun di rumah, yang meliputi: a). Bina Diri (merawat diri, mengurus diri, menolong diri). b). Interaksi Sosial (Bermain bersarna, makan bersama). c). Pengembangan Karya (ketrampilan tata boga, menari, salon, dll). 3. Hasil yang dicapai untuk mengembangkan kemandirian siswa adalah a) Meningkatkan kemandirian siswa. b) Kemampuan membaca dan menulis siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. c) Dapat menerima pembelajaran baik secara praktik maupun teori. d) Adanya kepatuhan dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar dan kegiatan kemandirian e) Siswa mudah diatur dan ditertibkan saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan Sikap Kemandirian, Anak Tunagrahita
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 14:39
Last Modified: 20 Mar 2014 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum