STUDI KORELASI PENGUASAAN QOWĀ’ID DENGAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS II MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA

SYAMSUL HADI, NIM. 09420019 (2014) STUDI KORELASI PENGUASAAN QOWĀ’ID DENGAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS II MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI PENGUASAAN QOWĀ’ID DENGAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS II MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI PENGUASAAN QOWĀ’ID DENGAN KEMAMPUAN KITĀBAH SISWA KELAS II MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Syamsul Hadi, Studi Korelasi Penguasaan Qowā’id dengan Kemampuan Kitābah Siswa Kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta mengkaji secara teoritis mengenai penguasaan Qowā’id dan kemampuan Kitābah pada siswa kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam serta menganalisis data guna mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil populasi penelitian seluruh siswa kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data secara deskriptif dan untuk data yang berupa angka dari hasil perhitungan indeks korelasi product moment (rxy) dikelompokan untuk kemudian disimpulkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perolehan nilai rata-rata penguasaan Qowā’id sebesar 59,77. Berarti menurut penilaian menggunakan nilai standar berskala 100 tergolong cukup baik. 2) Kemampuan Kitābah siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 69,04 dan termasuk dalam kategori baik. 3) Hasil perhitungan rxy menunjukkan bahwa angka yang diperoleh sebesar 0,874, dimana setelah mengadakan penelusuran dengan rtabel ternyata baik pada taraf signifikansi 5% (0,456) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,575) lebih besar dari keduanya. Maka dapat diinterpretasikan bahwa antara penguasaan Qowā’id dengan kemampuan Kitābah siswa kelas II Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Nurussalam terdapat Korelasi positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Key words: Studi korelasi, Penguasaan Qowā’i d, Kemampuan Kitābah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 14:46
Last Modified: 26 Jul 2017 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum