PENERAPAN KURIKULUM TERPADU DI FULL DAY SCHOOL SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN

VINA TAFRIKHASARI , NIM. 09410179 (2014) PENERAPAN KURIKULUM TERPADU DI FULL DAY SCHOOL SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM TERPADU DI FULL DAY SCHOOL SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM TERPADU DI FULL DAY SCHOOL SMP TERPADU MA’ARIF MUNTILAN )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

VINA TAFRIKHASARI. Penerapan Kurikulum Terpadu di Full Day School SMP Terpadu Ma’arif Muntilan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah adanya upaya sekolah dalam menggabungkan mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama dalam satu sekolah dengan mengintegrasikan dua kurikulum yaitu kurikulum kemendikbud dan kemenag. Upaya Integrasi ini dipandang unik karena kurikulum kemenag yang digunakan yaitu bukan kemenag untuk Madrasah Tsanawiyah, melainkan madrasah diniyah ta’limiyah model pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan penerapan kurikulum terpadu serta hasil yang dicapai dari penerapan kurikulum terpadu tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk mengembangkan kurikulum yang diterapkan di sekolah, dan pengembangan pendidikan agama Islam khususnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar SMP Terpadu Ma’arif Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep kurikulum yang diterapkan yaitu dengan memadukan kurikulum kemendikbud dan kurikulum kemenag yang basisnya adalah madrasah diniyah takmiliyah model pesantren yang menggunakan sumber-sumber belajar berupa kitab-kitab. Materi pelajaran terdiri dari mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama. Pembagian kelas dilakukan dengan metode matrikulasi untuk menyesuaiakan kemampuan setiap peserta didik. Namun pelaksanaan dari perpaduan kurikulum tersebut pelaksanaan masing-masing mata pelajaran masih dilaksanakan secara terpilah antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran agamanya. 2) Dalam penerapan kurikulum, guru telah membuat pengembangan program, meskipun belum sesuai dengan waktu yang ditentukan. Metode yang dipakai dalam pembelajaran antara lain : metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Evaluasi yang dilaksanakan berupa evaluasi tes dan non tes yang mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Kegiatan-kegiatan sekolah diarahkan sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional yang mencakup aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. 3) Hasil yang dicapai dengan adanya kurikulum terpadu di SMP Terpadu Ma’arif Muntilan antara lain: (1) Penguasaan ilmu pengetahuan umum dan juga pengetahuan agama keislaman, (2) Tercapainya kompetensi khusus yang harus dimiliki siswa, (3) Siswa mampu melakukan pengabdian masyarakat berupa mengajar di Majlis Ta’lim atau TPA, (4) Siswa mampu menghafal 3 surat penting, yaitu Surah Al-Mulk, Surah Yasin dan Surah Waqi’ah, (5) Siswa lebih mudah dikondisikan dan diarahkan, dan (6) Pengaruh negatif anak diluar sekolah terkurangi karena waktu anak untuk sekolah lebih panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 17:47
Last Modified: 20 Mar 2014 17:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum