PENGARUH INTENSITAS BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KEMAHIRAN AL-KALĀM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2011 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ZULIA RAHMAWATI, NIM. 10420110 (2014) PENGARUH INTENSITAS BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KEMAHIRAN AL-KALĀM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2011 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KEMAHIRAN AL-KALĀM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2011 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS BERKOMUNIKASI DENGAN BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN KEMAHIRAN AL-KALĀM MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2011 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)

Abstract

ZULIA RAHMAWATI. “Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Al-kalām Mahasiswa Angkatan Tahun 2011 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan Penguasaan Kemahiran Al-kalām mahasiswa; dan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Alkalām Mahasiswa Angkatan Tahun 2011 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikir untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengelola pendidikan dan sebagai bahan masukan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, khusunya di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang datannya bersifat kuntitatifkorelasional. Analisis data menggunakan analisis Product Moment dengan persyaratan uji normalitas data dan analisis Regresi. Untuk mengetahui, seberapa besar Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Al-kalām. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata mahasiswa pada variabel Intensitas Berkomunikasi Bahasa Arab dengan adalah 68,54%, sedangkan besarnya nilai rata-rata mahasiswa pada variabel Penguasaan Kemahiran Al-kalām adalah 83,16%. Hal ini berarti bahwa Penguasaan Kemahiran Al-kalām lebih besar daripada nilai ratarata Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab. Dari hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefisiensi Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Alkalām adalah 0,471 dan signifikansinya 0,003 yang kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi yang signifikan antara Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap Penguasaan Kemahiran Alkalām Mahasiswa Angkatan Tahun 2011 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan dari hasil analisis Regresi dapat diketahui besarnya koefisiensi determinasi yaitu 0,222; hal ini mengandung pengertian bahwa Pengaruh Intensitas Berkomunikasi dengan Bahasa Arab terhadap perubahan prestasi kemahiran Al-kalām adalah 22,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M. Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 18:01
Last Modified: 10 Jan 2022 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum