VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MADARSAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

AFNIA HARYANTI , NIM. 10420059 (2014) VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MADARSAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MADARSAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR MADARSAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Afnia Haryanti, Validitas dan Reliabilitas Soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Program Keagamaan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bermula dari rasa keingintahuan penulis terhadap UAMBN yang menjadi program evaluasi oleh pemerintah sebagai tolak ukur pencapaian dan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran di seluruh tingkat madrasah khususnya UAMBN mata pelajaran bahasa Arab pada tingkat madrasah Aliyah program Keagamaan. Namun sebenarnya peranan evaluasi tidak hanya pada fungsi menentukan tingkat pencapaian dan keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pemerintah, akan tetapi evaluasi juga diharapkan mampu memberikan umpan balik bagi penyelenggaraan pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu penulis ingin menganalisa apakah soal UAMBN dapat menjadi alat yang dapat dipertanggungjawabkan serta memiliki ciri-ciri yang dipersyaratkan sebagai tes yang baik, terutama dari segi validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi butir soal, validitas item dan reliabilitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Keagamaan DIY tahun ajaran 2012/2013. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk perbaikan yang positif pada kualitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Program Keagamaan di tahun yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu: 10% dari populasi (564) atau berjumlah 57 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun pengolahan dan analisa data dilakukan dengan menggunakan rating scale dan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1).Validitas isi butir-butir soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Keagamaan DIY tahun ajaran 2012/2013 terbukti kurang valid berdasarkan kesesuaiannya dengan Standar Konmpetensi dan Kompetensi Dasar. 2).Validitas item butir-butir soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Kegamaan tahun ajaran 2012-2013 yang tidak valid ada 9 butir soal yaitu butir soal 1, 2, 7, 15, 26, 28, 30, 35 dan 44 dan yang valid adalah sisanya berjumlah 41. 3). Reliabilitas soal UAMBN mata pelajaran bahasa Arab MA Program Keagamaan tahun ajaran 2012/2013 DIY terbukti sangat tinggi dengan nilai 0,910.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: validitas, reliabilitas dan soal UAMBN bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 18:09
Last Modified: 03 May 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum