STRATEJIK JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA

ESTI WINARNI, NIM. 10471004 (2014) STRATEJIK JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEJIK JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEJIK JASA PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA DI MIN TEMPEL YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Esti Winarni, Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Siswa Di MIN Tempel Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa lembaga pendidikan Islam khususnya madrasah masih dipandang sebagai lembaga pendidikan kelas dua tingkat favorisitas di bawah lembaga pendidikan umum. Masih banyak masyarakat yang belum atau kurang mengenal madrasah. dari permasalahan tersebut penelitian ini mencoba mengungkap dari kacamata manajemen pemasaran dengan menggunakan konsep pemasaran stratejik jasa pendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan penerapan pemasaran stratejik jasa pendidikan dan menjelaskan peranan pemasaran stratejik dalam meningkatkan kepuasan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MIN Tempel Yogyakarta. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah indepth interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yakni reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan pemasaran stratejik jasa pendidikan meliputi analisis faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan, analisis faktor eksternal berupa peluang dan tantangan kemudian dianalisis menggunakan analsis SWOT. Selanjutnya dari hasil analisis SWOT dirumuskan strategi-strategi pemasaran. Kepuasan siswa dapat dicapai melalui prinsip AIDA+S (Attention mendapat informasi, merasa tertarik. Interest mengunjungi MIN Tempel melihat dan mengamati. Desire menanyakan syarat-syarat pendaftaran. Action mendaftar dan mengikuti proses pembelajaran. Satisfaction kepuasan yang didapat stakeholder). Adapun peranan pemasaran stratejik jasa pendidikan dalam meningkatkan kepuasan siswa antara lain: 1) Meningkatkan animo masyarakat terhadap madrasah; 2) dapat menganalisis kebutuhan dan keinginan stakeholder; 3) meningkatkan loyalitas pelanggan pendidikan; 4) dapat memengaruhi kebutuhan dan keinginan stakeholder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Madrasah, Pemasaran Stratejik, Kepuasan.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Mar 2014 18:41
Last Modified: 20 Mar 2014 18:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum