PERBANDINGAN POLA PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD NEGERI GADINGAN DURUNGAN WATES DENGAN SD MUHAMMADIYAH KEDUNGGONG WATES KULON PROGO

BETI YULIANI, NIM. 10410046 (2014) PERBANDINGAN POLA PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD NEGERI GADINGAN DURUNGAN WATES DENGAN SD MUHAMMADIYAH KEDUNGGONG WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN POLA PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD NEGERI GADINGAN DURUNGAN WATES DENGAN SD MUHAMMADIYAH KEDUNGGONG WATES KULON PROGO)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN POLA PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DI SD NEGERI GADINGAN DURUNGAN WATES DENGAN SD MUHAMMADIYAH KEDUNGGONG WATES KULON PROGO)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beti Yuliani. Perbandingan Pola Penanaman Karakter Religius di SD Negeri Gadingan Durungan Wates dengan SD Muhammadiyah Kedunggong Wates Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Pendidikan tidak hanya mencerdaskan anak dalam hal kognitif semata, namun juga menanamkan karakter positif dalam diri anak. Seperti yang dicetuskan oleh Kemdikbud, ada delapanbelas nilai karakter yang perlu ditanamkan dalam diri anak, salah satunya adalah karakter religius. Karakter religious merupakan pangkal dari terbentuknya karakter yang lain. Apabila dalam diri anak sudah tertanam karakter religius, maka akan mudah untuk membentuk karakter yang lain. Dengan ditanamkannya karakter religius, anak akan disiplin beribadah dan menghargai sesamanya. Penanaman karakter religious sangat penting untuk diterapkan pada anak sejak usia Sekolah Dasar. Sehubungan dengan hal tersebut, SD Negeri Gadingan Durungan Wates dan SD Muhammadiyah Kedunggong Wates telah menanamkan karakter religious dalam diri anak dengan polanya masing-masing. Keduanya memiliki ciri tersendiri dalam menanamkan karakter religius. Penelitian ini bermaksud untuk membandingkan pola penanaman karakter religius di SD Negeri Gadingan Wates dengan SD Muhammadiyah Kedunggong Wates, bagaimana pola penanaman karakter religious serta kelebihan dan kekurangan pola penanaman karakter religius pada tiap sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru PAI, guru pengampu ekstrakurikuler bernuansa keagamaan, serta siswa kelas 3 SD Negeri Gadingan Durungan Wates dan SD Muhammadiyah kedunggong Wates. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket sebagai data pendukung. Analisis data dilakukandenganmemberikanmaknaterhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkannya secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Negeri Gadingan Wates menggunakan pola tertentu untuk menanamkan karakter religius, yakni mengajarkan nilai, keteladanan, menentukan prioritas, praksis prioritas, dan refleksi. Selain itu, juga menggunakan pola pembiasaan (shalat dhuhur, dhuha, berdoa, mengucap salam, bersih-bersih mushalla, adzan, dan infaq), reward and punishment, pengkondisian lingkungan sekolah, teguran langsung, pengadaan alat ibadah, dan penyelenggaraan program bernuansa keagamaan. SD Muhammadiyah Kedunggong juga menggunakan cara tersebut, hanya saja tidak ada pembiasaan adzan dan bersih-bersih mushala tetapi ada pemeriksaan kuku setiap hari jumat, penggunaan buku mentoring, dan ekstra qiro’ah. Dari pola penanaman yang digunakan tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, M.Ag.,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 09:52
Last Modified: 02 Aug 2017 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum