EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TUNANETRA (STUDY KASUS di KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2013/2014

SLAMET RIYANT, NIM. 09420040 (2014) EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TUNANETRA (STUDY KASUS di KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TUNANETRA (STUDY KASUS di KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA TUNANETRA (STUDY KASUS di KELAS VIII MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Slamet Riyanto. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra (Study Kasus Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta) Tahun Ajaran 2013/2014. Evaluasi pembelajaran adalah suatu komponen dari pelaksanaan program pendidikan yang memang harus dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dari proses pembelajaran, agar kedepannya dapat dicapai hasil yang lebih baik. Untuk itu, fasilatas-fasilitas untuk meningkatkan pembelajaran bagi mereka, terutama berkaitannya dengan evaluasi pembelajaran perlu mendapatkan perhatian yang serius. Penelitian mengenai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra (Study Kasus Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta) Tahun Ajaran 2013/2014 bermaksud untuk meninjau kembali seberapa jauh lembaga pendidikan MTs Yaketunis telah melakukan berbagai modifikasi untuk kepentingan pembelajaran peserta didik tunanetra, terutama dalam hal evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar semua komponen yang terlibat dapat meningkatkan kapasistas anak didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian study kasus, adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Setelah melakukan pengumpulan data di lapangan, maka penulis menemukan bahwa evaluasi pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Tunanetra (Study Kasus Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta) Tahun Ajaran 2013/2014 dengan cara pendampingan pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran baik evaluasi tes formatif maupun tes sumatif. Pendampingan ini dilalukan dengan cara didampingi oleh pengawas berfungsi sebagai pendamping. Dalam penelitian tersebut peneliti juga menemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam evaluasi pembelajaran yang dihadapi oleh peserta didik. Faktor-faktor pendukung yang timbul dari peserta didik serta dari lembaga pendidikan sebagai berikut: komputer bicara, perpustakaan dan file. Sedangkan faktor-faktor penghambat sebagai berikut: Penulisan huruf Arab braille, kurangnya minat belajar bahasa Arab peserta didik tuanetra terkait dengan evaluasi, adanya persepsi yang berbeda antara tulisan huruf Arab braille dengan Arab awas, dan alokasi waktu yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin Ahmad M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Arab, Siswa Tunanetra.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 10:06
Last Modified: 26 Jul 2017 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum