PROBLEMATIKA KEBAHASAAN MEMBACA KITAB FATH AL-MU’ĪN DI KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

SOKHIBUL KHAKIM, NIM. 10420085 (2014) PROBLEMATIKA KEBAHASAAN MEMBACA KITAB FATH AL-MU’ĪN DI KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA KEBAHASAAN MEMBACA KITAB FATH AL-MU’ĪN DI KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA KEBAHASAAN MEMBACA KITAB FATH AL-MU’ĪN DI KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sokhibul Khakim, Problematika Kebahasaan Qira‟atul Kutub Atas Kitab Fath Al-Mu‟īn Di Kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Fath Al-Mu‟īn di kelas Alfiysah II dan apa saja problem-problem yang dihadapi oleh para santri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pekembangan pendidikan khususnya di kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan mengumpulkan data kemudian mengelompokkan data tersebut sesuai dengan kategori masing-masing dan selanjutnya diinterpretasikan melalui kata-kata atau kalimat dengan kerangka berpikir teoritik untuk memperoleh kesimpulan atau jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kegiatan Pembelajaran kitab Fath Al-Mu‟īn di kelas Alfiyah II yaitu pertama-tama santri disuruh membacakan sebagian teks Arab yang telah ditentukan. Setelah selesai, baru kemudian Ustadz memulai pelajaran dengan membacakan teks yang baru. (2) Beberapa problematika pembacaan kitab Fath Al-Mu‟īn yang dialami oleh para santri kelas Alfiyah II dibedakan menjadi tiga aspek yaitu : a) Aspek linguitik meliputi kesalahan phonoloogis, tata bahasa, perbendaharaan kata, susunan kata, dan tulisan. b) Aspek metodologis meliputi tingkat kedisiplinan baik dari ustadz sendiri maupun santri masih rendah, alokasi waktu yang disediakan sangat singkat, metode pembelajaran yang monoton, media pembelajaran yang terbatas, serta minat belajar santri terhadap kitab Fath Al-Mu‟īn yang rendah. c) Aspek sosiologis meliputi pandangan masyarakat terhadap pembelajaran pesantren yang negatif, wali santri kurang memperhatikan bagaimana anaknya belajar di Pesantren, dan yang terahir pemerintah kurang peduli terhadap perkembangan pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 10:11
Last Modified: 26 Jul 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum