EFEKTIVITAS DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN HADIST DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB AKTIF DI KELAS 3A DAN 3B MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

YESI YUSAN ARYANI, NIM. 10411039 (2014) EFEKTIVITAS DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN HADIST DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB AKTIF DI KELAS 3A DAN 3B MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN HADIST DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB AKTIF DI KELAS 3A DAN 3B MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS DIRECT METHOD DALAM PEMBELAJARAN HADIST DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB AKTIF DI KELAS 3A DAN 3B MADRASAH TSANAWIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

YESI YUSAN ARYANI. Efektivitas Direct Method dalam Pembelajaran Hadist dengan menggunakan bahasa Arab aktif di kelas 3A,B Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putri, Gandu, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putri adalah merupakan madrasah yang menggunakan Direct Method (metode langsung) dalam pembelajaran bahasa Arabnya. Madrasah Tsanawiyah yang berada dalam wadah KMI (KulliyatulMua’llimat al Islamiyah )Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri, dimana program pendidikan dan pengajaran terpadu dengan menggabungkan model Pendidikan Pesantren dan Madrasah/Sekolah. Direct Method ini telah digunakan semenjak madrasah ini berdiri hingga sekarang. Seperti yang tercantum dalam salah satu visi dan misi madrasah tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putri yaitu “Menerapkan Direct Method dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Bahasa Inggris/ Arabic and English Day”. Dan dari sini Penulis mempunyai beberapa alas an untuk meneliti efektivitas Direct Method dalam pembelajaran Hadist di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Penulis menemukan bahwa penggunaan strategi Direct Method dalam pembelajaran Hadist kelas 3A dan 3B MTs. Dan alasan mengapa penulis memilih kelas 3 MTs sebagai tempat penelitian, karena bagi Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim putrid kelas 3 sudah matang, lancar dalam menggunakan bahasa Arab sebagai sehari-hari mereka. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang keefektivitasan pembelajaran dengan menggunakan Direct Method. Disamping itu Hadist adalah Rujukan Utama Umat Islam dalam memahami Alqur’an, dan Hadist diperlukan kecakapan berbahasa Arab untuk memahami Alqur’an dan Hadist tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Kelas 3A dan 3B Madrasah Tsanwiyah Ibnul Qoyyim Putri, Gandu, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses pembelajaran Hadist dengan menggunakan Direct Method di Kelas 3A dan 3B Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim, Gandu, Berbah, Sleman, Yogyakarta bisa dikatakan berjalan cukup efektif, hasil ini ditunjukkan karena 90% siswa kelas 3A dan 3B dapat mengerjakan tugas – tugas yang diberikan oleh guru dan mencapai nilai KKM dan dapat menjelaskan kembali penjelasan yang telah dijelaskan oleh guru. (2) Penulis menemukan beberapa faktor yang menghambat pembelajaran Hadist di kelas 3A dan 3B Madrasah Tsanawiyah yang terbagi menjadi dua criteria yaitu sebagai berikut : 1). Faktor pengahambat Peserta didik : a. Keadaan Madrasah yang minim dengan media dan sarana pembelajaran Hadist disisi lain juga memberi kerugian dalam mempermudah guru ataupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dan menjadikan perkembangan pembelajaran menjadi lambat. b. Sebagian kecil siswa yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar karena jauhnya mereka dari orang tua sehingga rasa konsentrasi belajar agak sedikit terganggu. c. Peserta didik sering menemukan istilah-istilah asing yang belum mereka pahami. 2) Faktor pengahambat Guru : a. Durasi waktu pembelajaran yang hanya satu jam. Durasi waktu tersebut perlu ditambah, karena dalam proses pembelajaran dikelas, 30 menit untuk pembahasan hadist dan pengulangan pengucapan hadist dan 30 menit selebihnya itu untuk latihan-latihan penerapan teori dirasa kurang oleh guru Hadist. b. Guru mengeluhkan minimnya fasilitas dan sarana ataupun media yang tersedia di madrasah ini sehingga guru yang punya nilai ketrampilan bahasa lebih pun terkadang belum bisa menyalurkan potensi mereka itu termasuk juga keterbatasan dana, dengan kondisi seperti ini memang dituntut kekreatifan guru,selain itu juga membantu guru lebih mudah menyampaikan pesan dan materi yang sedang diajarkan. c. Mengatasi siswa yang terkadang mengantuk karena padatnya kegiatan yang ada di pesantren Ibnul Qoyyim Putri. d. Terdapat beberapa siswa yang memang kemampuannya dibawah standar sehingga kurang bisa menerima penjelasan guru yang menggunakan Direct Method, sehingga guru sedikit menjelaskan dengan bahasa Ibu demi memahamkan siswatersebut. e. Sekitar lebih tujuh puluh persen guru pengajar masih berusia muda dibawah tiga puluh tahun, bahkan beberapa ada yang dibawah dua puluh tahun sehingga secara psikologi terkadang mempunyai tingkat emosi yang labil dan kurang bisa mengendalikan emosi ketika dihadapkan oleh berbagai macam karakter para santrinya selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 10:57
Last Modified: 21 Mar 2014 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum