KONSEP PENDIDIKAN BERWAWASAN KEBANGSAAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI)

YATDI , NIM. 08470137 (2014) KONSEP PENDIDIKAN BERWAWASAN KEBANGSAAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN BERWAWASAN KEBANGSAAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN BERWAWASAN KEBANGSAAN (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DAN MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Yatdi. Konsep Pendidikan Berwawasan Kebangsaan (Studi Komparasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan di Indonesia saat ini mengalami krisis berwawasan kebangsaan, dengan lahirnya pertikaianpertikaian antar suku, ras, budaya, agama, adat istiadat, bahkan dunia terorisme yang semakin menjadi pusat perhatian segenap pemerintah, dan lain sebagainya. Hal ini, menggambarkan seakan nilai nasionalisme telah memudar dalam jiwa ganerasi ini. Berangkat dari krisis berwawasan kebangsaan tersebut, penelitian ini mencoba mengkomparasikan konsep pendidikan berwawasan kebangsaan dari pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi. Upaya ini dilakukan agar memberikan wacana baru di dalam dunia pendidikan Islam dengan mengkomparasikan dua tokoh tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan filosofis, dimana secara mendalam berusaha merenungkan dan memikirkan, serta menganalisis secara hati-hati terhadap gagasan Ki Hajar Dewantara dan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi, yang berkaitan dengan konsep pendidikan berwawasan kebangsaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter, dengan metode analisis data menggunakan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat persamaan dan perbedaan terhadap pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi tentang konsep pendidikan berwawasan kebangsaan. Dilihat sisi persamaan kedua tokoh tersebut sangat menjunjung pendidikan berwawasan kebangsaan, dengan pendidikan yang berasaskan kemanusiaan, kemerdekaan, demokrasi, kebebasan (kodrat alam dalam istilah Ki Hajar Dewantara). Persamaan kedua tokoh tersebut terlihat juga dari tujuan konseptualnya, dengan menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air, kemandirian, nilai kesatuan, semangat kebangsaan, paham kebangsaan atau nilai demokrasi, dan pendidikan ahklak, serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Begitu juga dengan materi pendidikan berwawasan kebangsaan, mereka mengharuskan materi bahasa, dan disusuli dengan agama, kemudian materi kesenian, musik, syair, dan pendidikan jasmani (olah raga). Adapun sisi perbedaan yang sangat mendasar, yaitu Ki Hajar Dewantara mengkonsepsikan asas pendidikan dengan nilai-nilai kebudayaan yang lebih mendalam, serta pendidikan yang selaras dengan kebudayaan kehidupan bangsa ini, begitu juga dengan materi ajar yang harus berorientasi dari segi kebudayaan masyarakat. Sedangkan Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi menitik beratkan pada jiwa pendidikan Islam, yaitu pendidikan akhlak, dengan peran pemberian contoh yang baik kepada anak didik, dan materi ajarnya pun lebih ditekankan pada bahasa Arab untuk mempermudah pembelajaran al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muh. Agus Nuryatno, M.A. P. hD
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 11:01
Last Modified: 21 Mar 2014 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum