STUDI KORELASI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MI NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014

INTAN MARIA ULFAH, NIM. 10481023 (2014) STUDI KORELASI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MI NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MI NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU MI NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Intan Maria Ulfah, “Studi Korelasi Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Di MI Negeri Se-Kabupaten Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan supervisi pembelajaran di MI Negeri Kabupaten Gunungkidul, 2) kinerja guru di MI Negeri Kabupaten Gunungkidul, korelasi antara kepala madrasah sebagai supervisor pembelajaran terhadap kinerja guru MI Negeri Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu angket (kuesioner), wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah memperoleh data, peneliti melakukan pengujian instrumen melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan normalitas. Selanjutnya dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kinerja guru di MIN Kabupaten Gunungkidul adalah sangat tinggi (88,37%). Selain itu hasil peran kepala madrasah sebagai supervisor pembelajaran adalah tinggi (62,79%). Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak ada korelasi positif dan signifikan antara kepala madrasah sebagai supervisor pembelajaran terhadap kinerja guru di MIN Kabupaten Gunungkidul. Supervisi pembelajaran dapat mempengaruhi kinerja guru sebesar -0,130, dan sign.(2-tailed) sebesar 0,407. Sedangkan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja guru dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu kemampuan intelektual individu dan keadaan lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Supervisi Kepala Madrasah, Pembelajaran, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 13:22
Last Modified: 16 Feb 2017 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum