PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

RINDI LELLY ANGGRAINI , NIM. 10481030 (2014) PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Rindi Lelly Anggraini. “Model Pembelajaran Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Pendidikan inklusi adalah pendidikan pada sekolah umum yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang memerlukan pendidikan khusus dalam satu kesatuan yang sistemik. Model yang diberikan sekolah inklusi ini menekankan pada keterpaduan penuh, menghilangkan keterbatasan dengan menggunakan prinsip education for all. Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (student with special needs) membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing–masing.Model pembelajaran terhadap peserta didik berkebutuhan khusus yang di persiapkan oleh guru di sekolah, ditujukan agar peserta didik mampu berinteraksi terhadap lingkungan sosial. Pembelajaran tersebut disusun secara khusus melalui penggalian kemampuan diri peserta didik yang didasarkan pada kurikulum berbasis kompetensi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta, (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V SD NegeriGiwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di SD NegeriGiwangan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran inklusi di kelas V SD Negeri Giwangan dengan menyatukan peserta didik normal dengan peserta didik berkebutuhan khusus (kelas penuh)di bawah pengawasan guru kelas atau guru mata pelajaran dan guru pendamping khusus. RPP yang digunakan dalam pembelajaran inklusi di kelas VA adalah RPP pada umumnya dan RPP individual untuk peserta didik ABK.(2) Faktor pendukung proses pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang cukup memadai, adanya dukungan dari Direktorat PLB , guru membuat program khusus, orang tua/wali peserta didik ABK membawa guru pendamping khusus sendiri, dan memperoleh bantuan dana dari berbagai pihak. Faktor penghambat proses pembelajaran inklusi di kelas V yaitu kurangnya peran serta orang tua dalam kemajuan kemampuan peserta didik ABK, guru kurang memahami kebutuhan khusus dan keberagaman dari peserta didik ABK, guru pelajaran tidak membuat administrasi kelas, guru kurang inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan kurangnya tenaga pendidik bagi peserta didik ABK di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Proses Pembelajaran, Peserta Didik ABK.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 13:26
Last Modified: 28 Feb 2017 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum