KORELASI ANTARA PENGUASAAN NAHWU DENGAN KETERAMPILAN TARJAMAH SISWA KELAS II DALAM BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYYAH SMP ALI MAKSUM

A.DZUL FIKRI HADI WIJAYA, NIM. 09420006 (2014) KORELASI ANTARA PENGUASAAN NAHWU DENGAN KETERAMPILAN TARJAMAH SISWA KELAS II DALAM BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYYAH SMP ALI MAKSUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PENGUASAAN NAHWU DENGAN KETERAMPILAN TARJAMAH SISWA KELAS II DALAM BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYYAH SMP ALI MAKSUM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PENGUASAAN NAHWU DENGAN KETERAMPILAN TARJAMAH SISWA KELAS II DALAM BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYYAH SMP ALI MAKSUM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

A.DzulFikriHadiWijaya, Korelasi Penguasaan Nahwu dengan Keterampilan Tarjamah Siswa Kelas II Dalam Bidang Studi Bahasa Arab di Madrasah Diniyyah SMP Ali MaksumPondokPesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: JurusanPendidikanBahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta mengkaji secara teoritis mengenai penguasaan Nahwu dengan keterampilan Tarjamah pada siswa kelas II Madrasah Diniyyah SMP Ali Maksum Pondok Pesantren Al-Munawwir serta menganalisis data guna mengetahui atau tidak nyahubung anantara keduanya. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel penelitian seluruh siswa kelas II Madrasah Diniyyah SMP Ali Maksum Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data secara deskriptif dan untuk data yang berupa angka dari hasil perhitungan indeks korelasi product moment (rxy) dikelompokan untuk kemudian disimpulkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perolehan nilai rata-rata penguasaan Nahwu sebesar 73,67. Berarti menurut penilaian menggunakan nilai standar berskala 100 tergolong cukup baik. 2) Keterampilan Tarjamah siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 66,90 dan termasuk dalam kategori baik. 3) Hasil perhitungan rxy menunjukkan bahwa angka yang diperoleh sebesar 0,2823, dimana setelah mengadakan penelusuran denganr tabel ternyata baik pada taraf signifikansi 5% (0,456) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,575) lebih besar dari keduanya. Makadapat diinterpretasikan bahwa antara penguasaan Nahwu dengan keterampilan Tarjamah sisw akelas II Madrasah Diniyyah SMP Ali Maksum Pondok Pesantren terdapat Korelasipositif yang lemah atau rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Key words: korelasi, PenguasaanNahwu, KeterampilanTarjamah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:18
Last Modified: 05 May 2017 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum