KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM, GURU, DAN MODEL PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA)

AFDHOL ABDUL HANAF, NIM. 10410051 (2014) KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM, GURU, DAN MODEL PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM, GURU, DAN MODEL PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (ANALISIS PARADIGMA PENGEMBANGAN KURIKULUM, GURU, DAN MODEL PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA))
BAB II, III'.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AFDHOL ABDUL HANAF. Konsep Pembaharuan Pendidikan Agama Islam (Analisis Paradigma Pengembangan Kurikulum, Guru, dan Model Pendekatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, MA). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa diadakannya pendidikan agama Islam di sekolah adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta berakhlak mulia. Dalam kenyataannya pendidikan agama Islam belum mampu menanamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik yang menimbulkan adanya dekadensi moral di kalangan pelajar. Melalui pemikiran Muhaimin diharapkan mampu membawa pelaksanaan pendidikan agama Islam ke arah yang lebih baik, yaitu dengan mengembangkan kurikulum, guru, dan model pendekatan dalam pembelajaran PAI di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana paradigma pengembangan kurikulum, guru, dan model dalam pembelajaran PAI dalam mengatasi problem-problem yang terjadi di masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang paradigma pengembangan kurikulum, guru dan model pendekatan PAI menurut Muhaimin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekankan pada kajian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analisis. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan content analisis, yaitu dengan memaknai dari keseluruhan pemikiran Muhaimin terkait dengan pengembangan kurikulum, guru, dan model pendekatan dalam pembelajaran PAI di sekolah. Hasil analisa menunjukkan bahwa: pertama, pembaharuan pendidikan agama Islam melalui paradigma pengembangan kurikulum PAI menurut Muhaimin adalah dengan mengembangkan kurikulum itu sendiri. Ide-ide pengembangannya diawali dari problem-problem yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik yang kemudian dimasukkan ke dalam materi PAI. Nilai-nilai yang terkandung dalam materi dimasukkan ke dalam indikator-indikator dalam RPP. Kedua, Pengembangan kualitas guru PAI dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi personal-religius, sosial-religius, pedagogik-religius, dan profesional-religius. Kata religius harus melekat pada setiap kompetensi agar guru PAI memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan tugasnya dengan dilandasi nilai-nilai ajaran Islam. Menguliahkan guru PAI ke jenjang yang lebih tinggi disertai dengan memaksimalkan berbagai wadah yang telah ada merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan kualitasnya. Ketiga, pengembangan model pendekatan dalam pembelajaran PAI harus mempertimbangkan karakteristik materi pelajaran yang hendak disampaikan dan mempertimbangkan perkembangan usia peserta didik. Adapun dalam pengembangannya tidak hanya bertumpu pada model pendekatan pembelajaran yang telah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M. Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:24
Last Modified: 02 Aug 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum