PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, EQUIVALENT RATE BAGI HASIL, INFLASI DAN NILAI KURS TERHADAP SIMPANAN MUD}A<RABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA

MUHIBBATUL ILMIAH, NIM. 07390062 (2013) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, EQUIVALENT RATE BAGI HASIL, INFLASI DAN NILAI KURS TERHADAP SIMPANAN MUD}A<RABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, EQUIVALENT RATE BAGI HASIL, INFLASI DAN NILAI KURS TERHADAP SIMPANAN MUD}A<RABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, EQUIVALENT RATE BAGI HASIL, INFLASI DAN NILAI KURS TERHADAP SIMPANAN MUD}A<RABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Simpanan Mudarabah (Tabungan) merupakan salah satu produk simpanan yang diminati masyarakat, seperti halnya deposito dan giro. Jenis simpanan pada bank syari‟ah yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu. Faktor yang berperan penting dalam perkembangan bank syari‟ah adalah pola ketertarikan masyarakat terhadap budaya menyimpan uangnya sebagai bentuk investasi. Ketertarikan masyarakat untuk menginvestasikan dananya tersebut dengan harapan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Oleh sebab itu, Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh tingkat suku bunga, equivalent rate bagi hasil, inflasi dan nilai kurs terhadap simpanan mudarabah pada Bank Muamalat Indonesia. Model penelitian ini lolos dalam pengujian asumsi klasik. Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat suku bunga, equivalent rate bagi hasil, inflasi dan nilai kurs. Sedangkan variabel dependennya adalah simpanan mudarabah. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data bulanan periode Januari 2009 sampai Desember 2012 dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat suku bunga, equivalent rate bagi hasil, inflasi dan nilai kurs secara simultan berpengaruh signifikan terhadap simpanan mudarabah sebesar 70,3% sedangkan sisanya (100% - 70,3% = 29,7%) dipengaruhi oleh variabel lainnya. Secara parsial, variabel suku bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap simpanan mudarabah, dengan koefisien sebesar -0,127 dan nilai sig.t 0,004. Nilai kurs berpengaruh positif signifikan terhadap simpanan mudarabah dengan koefisien sebesar 1,378 dan nilai sig.t 0,001. Sedangkan equivalent rate bagi hasil dan inflasi tidak berpengaruh terhadap simpanan mudarabah. Kata Kunci: Simpanan Mudarabah (Tabungan), Suku Bunga, Equivalent Rate Bagi Hasil, Inflasi dan Nilai Kurs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Sunaryati, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Simpanan Mudarabah (Tabungan), Suku Bunga, Equivalent Rate Bagi Hasil, Inflasi dan Nilai Kurs.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Mar 2014 07:34
Last Modified: 26 Sep 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum