EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

ALDILA SIDDIQ HASTOMO , NIM. 09410111 (2014) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

ALDILA SIDDIQ HASTOMO”. Efektivitas Media Pembelajaran E-learning terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media E-learning dalam pembelajaran PAI serta mengukur seberapa efektif kah media E-learning terhadap prestasi belajar PAI peserta didik. Latar belakang dalam penelitian ini adalah terkait dengan peran teknologi yang sudah sangat maju dengan adanya internet menciptakan sebuah media pembelajaran yang disebut e-learning. Media e-learning sendiri digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu, supaya lebih memudahkan guru dan siswa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan e-learning oleh guru dalam pembelajaran PAI dan bagaimana efektivitas media e-learning itu sendiri terhadap prestasi belajar PAI siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dengan teknologi yang sudah sangat maju dan berkembang peran media e-learning dapat dimaksimalkan baik secara kualitas dan kuantitas dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sangat beragam. Selain untuk mengefektivkan pembelajaran juga untuk menambah wawasan pendidikan khususnya dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner atau angket. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesmipulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan e-learning dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Yogyakarta tidak sepenuhnya menggunakan sistem e-learning atau sistem konvensional saja, akan tetapi penggabungkan keduanya. Dengan kata lain media pembelajaran e-learning berperan sebagai media alternatif pendukung pembelajaran PAI. Hal ini dilakukan demi tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Kedua, penerapan media e-learning dalam pembelajaran PAI dinyatakan efektif terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil angket yang disebarkan kepada siswa yang menunjukkan bahwa e-learning sangat bermanfaat sebagai media pendukung dalam pembelajaran PAI. Karena dengan adanya media e-learning siswa dapat mempelajari materi PAI secara lebih intensif dan mandiri. Selain mudah untuk digunakan e-learning juga memberikan wadah diskusi dan juga konten-konten yang sangat berpengaruh pada siswa dalam menyerap nilai-nilai tentang materi PAI baik aspek kognitif, aspek afektif, maupun aspek psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch Fuad
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:34
Last Modified: 07 Oct 2021 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum