NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA Q.S. AL-AN’ĀM AYAT 151-153 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PAI (TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB)

ANISA KHABIBATUS SHOLIHAH , NIM. 09410178 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA Q.S. AL-AN’ĀM AYAT 151-153 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PAI (TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA Q.S. AL-AN’ĀM AYAT 151-153 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PAI (TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA Q.S. AL-AN’ĀM AYAT 151-153 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PAI (TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Anisa Khabibatus Sholihah. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Q.S Al- An’am Ayat 151-153 dan Implementasinya dalam PAI (Telaah Tafsir Al- Misbah Karya Quraish Shihab). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia mengalami dekadensi moral, oleh karena itu pemerintah mencanangkan program pendidikan karakter untuk mengantisipai krisis moral yang lebih serius. Pendidikan karakter dilaksanakan dengan mengacu pada pedoman pelaksanaan pendidikan karakter yang disusun oleh kemendiknas. Pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan diserahkan pada kebijakan masing-masing satuan pendidikan. Pada pendidikan Islam, karakter merupakan salah satu bagian yang sangat diperhatikan dalam Al-Qur’an. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu sarana pengembangan karakter. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan Al-Qur’an mutlak dilakukan. Di dalam Al-Qur’an ada begitu banyak nilai-nilai karakter yang dapat diacu dalam melaksanakan pendidikan Islam, yang mana nilai-nilai tersebut tentunya akan lebih relevan dan sejalan dengan tujuan pendidikan Islam. Q.S Al-An’am ayat 151-153 memiliki kandungan nilai-nilai karakter yang patut untuk digali dan dikembangkan lebih lanjut, karena itu penelitian ini diharapkan dapat menggali nilai-nilai karakter yang ada di dalamnya, dan mengimplementasikannya dalam Pendidikan Agama Islam di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan hermeunetika. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi dan analisis semiotik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam Q.S. Al-An’am ayat 151-153. Nilai-nilai tersebut adalah: takwa, kasih sayang, tanggung jawab, cinta damai, peduli sosial, dan adil. Nilai takwa yang terdapat pada karakter religius merupakan karakter yang kompleks. Tidak hanya sebatas penyembahan terhadap Allah, tetapi juga berimplikasi pada karakter yang lain. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dapat diimplementasikan tidak hanya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas, tetapi juga lewat lingkungan pendidikannya yaitu sekolah, serta pendidiknya. Dalam pendidikan karakter beberapa metode yang dapat dipakai antara lain metode targhib, pembiasaan dan qudwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr.H. Maragustam, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 14:50
Last Modified: 02 Aug 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum