KESENIAN GAMELAN SEBAGAI MEDIA TRANSFORMASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

BARIROTUS SA’ADAH , NIM. 09410220 (2014) KESENIAN GAMELAN SEBAGAI MEDIA TRANSFORMASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESENIAN GAMELAN SEBAGAI MEDIA TRANSFORMASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KESENIAN GAMELAN SEBAGAI MEDIA TRANSFORMASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT PAPRINGAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Barirotus Sa’adah, Kesenian Gamelan Sebagai Media Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Papringan- Caturtunggal-Depok- Sleman-Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan itu wajib dilaksanakan sepanjang hayat, baik bagi anak-anak, pemuda, maupun orang tua. Namun dalam kenyataannya, perhatian terhadap pendidikan bagi masyarakat yang sudah tidak belajar di lembaga formal karena beberapa alasan seperti: umur yang sudah tua, biaya, dan lain sebagainya masih kurang. Padahal, pendidikan dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan di masyarakat dapat dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi sosial budaya yang ada, diantarnya melalui kesenian yang ada dalam masyarakat tersebut. Di Padukuhan Papringan terdapat sebuah kebudayaan yaitu kesenian gamelan, masyarakat menjadikan kesenian gamelan ini sebagai media transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses kesenian gamelan mampu menjadi media transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada masyarakat Papringan dan nilai-nilai PAI apa saja yang ditransformasikan melalui media gamelan pada masyarakat Papringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif etnografi, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) proses kesenian gamelan sebagai media transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada masyarakat Papringan ialah dengan cara menggunakan kesenian gamelan yang dulunya sebagai pengiring hiburan masyarakat, saat ini digunakan sebagai pengiring shalawatan dan syair-syair yang mengandung nilai-nilai pendidikan agama Islam, (2) nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ditransformasikan melalui media kesenian gamelan ialah: nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan ibadah, dan nilai pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut disampaikan melalui kegiatan latihan dan pementasan kesenian shalawat yang diiringi alat musik gamelan, melalui perangkat gamelan itu sendiri, dan juga melalui syairsyair Islami yang dibawakan. Sehingga masyarakat Papringan akan lebih mudah memahami nilai-nilai pendidikan agama Islam yang disampaikan melalui media gamelan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Transformasi kesenian gamelan, media PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 10:04
Last Modified: 02 Aug 2017 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum