PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA

DIAH ARUM RATNAWATI , NIM. 10411017 (2014) PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 1 YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

DIAH ARUM RATNAWATI. Penggunaan Instrumen Penilaian Afektif dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya permasalahan secara umum mengenai ketidaktahuan guru PAI terhadap instrumen penilaian afektif sering dijumpai di berbagai sekolah, bahkan di sekolah yang notabene madrasah. Namun terdapat Sekolah Menengah Atas yang disebut sebagai sekolah teladan dan unggulan. Guru PAI di SMAN 1 Yogyakarta selain mengetahui instrumen penilaian afektif juga mengembangkan penggunaan instrumen penilaian afektif. Guru PAI juga menunjukkan kesiapan membuat RPP dengan melampirkan instrumen penilaian afektif. Sehingga saat mengajar tidak hanya mengarah pada penilaian kognitif, tetapi juga dari segi afektif sangat diperhatikan. SMA Negeri 1 Yogyakarta disebut sebagai sekolah teladan di Yogyakarta diharapkan bisa memberikan kontribusi mengenai instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran PAI. Yang menjadi permasalahan adalah apa saja bentuk instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran PAI yang digunakan di SMAN 1 Yogyakarta, bagaimana penggunaannya, dan bagaimana penskoran dan penilaian terhadap hasil penggunaan instrumen penilaian afektif tersebut. Penelitian ini bertujuan menyebutkan bentuk instrumen penilaian afektif, menjelaskan penggunaan instrumen penilaian afektif dan penskoran serta penilaian hasil dari penggunaan instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal pokok, memahami data yang disajikan dan dari memahami data itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan penggabungan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Yogyakarta yaitu (a) penilaian akhlak mulia dan kepribadian, (b) catatan seketika, (c) pernyataan kejujuran, (d) penilaian diri implementasi imtaq dalam kehidupan, (f) kuesioner mentoring. (2) Penggunaan instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran PAI di SMAN 1 Yogyakarta adalah: (a) Penggunaan penilaian akhlak mulia dan kepribadian dengan cara mengamati para siswa. Penilaian akhlak mulia dan kepribadian mengembangkan teknik observasi. (b) Catatan seketika untuk mencatat secara kebetulan perilaku yang dilakukan siswa dan dilakukan tindakan/solusi. Catatan seketika mengembangkan teknik anecdotal record. (c) Pernyataan kejujuran yang mengembangkan instrumen skala sikap. (d) Penilaian diri implementasi imtaq dalam kehidupan yang memodifikasi teknik skala sikap likert dengan berbagai aspek kehidupan yang dinilai. (e) Kuesioner mentoring mengembangkan teknik kuesioner. (3) Penskoran yang diberikan berupa: selalu = 5, sering = 4, jarang = 3, tidak pernah = 1. Penilaian dengan cara (2A + B + 2C) / 5, dengan A adalah berbagai aspek kewajiban yang dilakukan, B adalah aspek nilai plus yang dilakukan, C adalah akhlak mulia yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 10:31
Last Modified: 22 Mar 2014 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum