PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI, GUNUNGKIDUL

IMALIA YONI PRIHATINI , NIM. 10411019 (2014) PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI, GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text ( PENGGUNAAN STRATEGI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBERGIRI, GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

IMALIA YONI PRIHATINI. Penggunaan Strategi Mind Map dalam Pembelajaran SKI Di MTs Negeri Sumbergiri, Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah SKI adalah mata pelajaran yang penting dipelajari oleh peserta didikakan tetapi peserta didik kesulitan untuk mempelajarinya dan masih banyak penyebabnya. Maka dari itu suatu pembelajaran SKI harus menggunakan strategi yang sesuai agar siswa mampu menangkap materi yang ada dalam pelajaran SKI tersebut. Salah satu strategi yang dapat membantu ingatan siswa adalah strategi mind map karena strategi tersebut memuat gambar-gambar sehingga menarik dan mudah diterima siswa. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan strategi mind map dan faktor apa saja yang menjadi penghambat dan penduung penggunaan strategi mind map. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi mind map dalam pembelajaran SKI dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan strategi mind map dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Sumbergiri. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru SKI dan siswa MTsN Sumbergiri sedangkan obyek penelitiannya adalah penggunaan strategi mind map dalam pembelajarn SKI di MTsN Sumbergiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dan menerapkan metode berpikir induktif serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran dengan menggunakan strategi mind map dapat membuat siswa: aktif, semangat dalam belajar, membantu siswa meringkas dan mempelajari materi dengan mudah dan menyenangkan; guru: belum sepenuhnya menerapkan langkah-langkah pembelajaran; mind map yang dihasilkan: kata kunci terlalu panjang. (2) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran dengan strategi mind map adalah minat dan motivasi siswa, ketersediaan alat dan bahan serta guru yang perhatian. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kelompok yang tidak kompak, tidak adanya reward dan reinforcement, manajemen waktu yang kurang baik dan penggunaan kata kunci yang terlalu panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:09
Last Modified: 24 Mar 2014 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum